Uncategorized

One Day One Ayat and Hadist : Obat Segala Penyakit

AsSAJIDIN.Com —  Ketika Rasulullah ﷺ sedang duduk di dalam mesjid bersama sejumlah sahabat, tiba-tiba masuk empat orang lelaki dan masing-masing mengeluh. Orang yang pertama mengeluh karena hujan sudah lama tidak turun. Rasul ﷺ menasehatinya dengan ucapan :
“Beristighfarlah !” Yang kedua mengeluh karena sudah lama menikah, tapi belum memperoleh keturunan.

Ujar Nabi ﷺ : “Beristighfarlah !” Lelaki yang ketiga mengadukan kesulitan ekonominya.

Rasulullah ﷺ berkata : “Perbanyak istighfar !” begitu juga dengan lelaki yang keempat yang minta nasehat lantaran tanah pertaniannya sudah tidak subur lagi.

Lihat Juga :  Saat Nabi Adam AS Mohon kepada Allah Usianya Dikurangi

Lagi-lagi Rasulullah ﷺ. berkata : “Beristighfarlah !”.

Abu Hurairah RA terheran-heran dan bertanya : “Ya Rasul, penyakitnya banyak tapi obatnya satu.” Mendengar pertanyaan ini, Beliau SAW. menjawab : “Simaklah firman Allah dalam surah Nuh ayat 10-12 :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Zat Yang Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, membanyakkan harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Lihat Juga :  Kasus Positif Covid-19 Melandai, Pergub Protokol Kesehatan Ditunda Sementara

Kemudian Rasulullah SAW. bersabda : “Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar, dan untuk setiap kesempitannya kelapangan; dan Allah mengaruniainya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.“
(HR.Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah dan Al Hakim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button