Uncategorized

Lima Hal ini, Termasuk Berlebih-lebihan dalam Berpakaian, Apa Saja?

AsSAJIDN.COM — Sahabat AsSAJIDIN, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa memakai pakaian yang berlebih-lebihan, maka Allah akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhir nanti.” (HR. Abu Daud)

Apa sajakah yang dimaksud berlebihan dalam berpakaian? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Pakaian untuk pamer

Beli baju branded untuk pamer? Hmm… ini dia yang termasuk kategori berlebihan. Gak pa-pa kok beli baju bermerek dan mahal kalau memang baju tersebut kita perlukan… tapi tidak untuk pamer yaa. “Makanlah, dan bersedekahlah dan berpakaianlah tanpa sikap berlebihan dan pamer.” (HR. An-Nasa`i, no. 2559)

Awas… jangan sampai kita berpakaian syar’i sekalipun untuk pamer. “Nih… aku dong shalehah karena udah pakai baju syar’i.”

“Barangsiapa yang memanjangkan pakaiannya untuk memamerkan diri maka Allah tidak akan menengok padanya pada hari kiamat.” (HR. Al-Bukhari, no. 3465, dan Muslim, no. 2085)

Lihat Juga :  Kemarin Sempat Diguyur Hujan 5 Menit, Ribuan Masyarakat Ikut Sholat Istisqo di Halaman Istana Gubernur

2. Pakaian yang boros atau mubazir

Bagi orang kaya raya, membeli pakaian seharga 1 juta Rupiah mungkin biasa dan pantas saja, akan tetapi bagi orang miskin… memaksakan diri berutang atau kredit demi mendapat pakaian dengan harga selangit merupakan salah satu pemborosan dan hal ini termasuk kemubaziran alias berlebihan dalam berpakaian.

3. Memakai pakaian yang menyerupai lawan jenisnya

“Rasulullah melaknat laki-laki yang memakai pakaian perempuan dan perempuan yang memakai pakaian laki-laki.” (HR. Abu Dawud, no. 4098)

Termasuk berlebihan dalam berpakaian jika seseorang mengenakan busana yang membuat orang lain bingung akan identitasnya. Misalnya perempuan mengenakan celana yang menyerupai laki-laki, rambut pendek cepak. Sehingga orang mengiranya adalah lelaki.

4. Pakaian yang membuka aurat atau memperlihatkan lekuk tubuh

Lihat Juga :  Setelah Umar bin Khatab Masuk Islam ...

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu.” (Al-‘Araaf: 26)

Pakaian itu berfungsi sebagai pelindung aurat kita, kalau berpakaian tapi aurat masih terbuka… artinya kita telah berlebihan dalam mengenakan pakaian.

5. Jumlah pakaian berlebihan

Sebaiknya kita keluarkan 1 pakaian setiap kali membeli 2 pakaian baru, sehingga tidak mubazir dan overload hingga lemari tidak muat lagi menampung pakaian kita.

Jika ada pakaian yang sudah setahun ini tidak pernah kita kenakan… sedekahkanlah untuk orang yang lebih memerlukan.

Sahabat yuk sederhana dalam berpakaian, pandai-pandailah memantaskan diri… kalau olahraga pakailah pakaian olahraga yang tetap menjaga aurat, kalau tidur… kenakanlah pakaian yang nyaman untik tidur, demikian juga ketika beraktivitas lainnya, tetaplah sederhana dan tidak bermegah-megahan dalam berpakaian. Setuju?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button