BERITA TERKINI

Sejumlah Halte Bus Transmusi Dipindah Efek Jalur One Way

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COm – Pelaksanaan uji coba lajur satu arah atau one way di empat jalan utama Kota Palembang membuat pihak manajemen Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi terpaksa harus memindahkan sejumlah halte bus dari lokasi semula.

 

“Untuk menyesuaikan arus kendaraan, tiga halte harus kami pindahkan ke seberang jalannya. Misalnya halte di depan TVRI dan Hotel Aryaduta di Jalan POM IX yang awalnya di lajur kiri kami pindahkan ke lajur kanan, titiknya tidak berubah,”terang Direktur Operasional PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) Antoni Rais kepada AsSajidin, Sabtu (11/11).

 

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan Kota Palembang bersama Sat Lantas Polresta Palembang menggelar uji coba lajur satu arah di sepanjang Jalan Radial, Jalan Angkatan 45, dan Jalan POM IX mulai Rabu (8/11). Pelaksanaan one way itu bertujuan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut.

 

Antoni menyatakan, sejauh ini jalan yang menjadi satu arah tersebut tidak memberi pengaruh pada rute Transmusi. Dua koridor yang berada di lokasi uji coba masih tetap beroperasional dan tetap bisa dimanfaatkan masyarakat.

Lihat Juga :  Lowongan 238.015 Formasi CPNS Segera Dibuka, Catat ini Link Website-nya

 

“Tidak ada pengaruh untuk rute dan pendapatan Transmusi secara umum. Koridor Pusri dan Plaju yang melintas di jalan tersebut masih tetap berjalan seperti biasa,”ujar dia.

 

Sementara itu, salah satu pengguna jasa Transmusi, Marlin Silalahi mengaku cukup bingung ketika hendak pergi menuju kawasan Seberang Ulu dari Jalan Angkatan 45. Dia bahkan sempat mempertanyakan apakah Transmusi di jalur tersebut dialihkan atau bahkan dihapuskan koridornya. “Saya besok mau ke Plaju, kan kalau Jalan Angkatan 45 naik dari halte depan Palembang Square (PS) Mal, kira-kira Transmusinya masih di situ juga tidak ya?”tuturnya.

 

Berikut rekayasa satu arah yang diujicobakan Dishub bersama Sat Lantas Polresta Palembang; pertama arus lalu lintas one way dari arah Jalan Kapten A Rivai menuju simpang kampus bisa langsung belok kiri menuju Jalan Radial, lalu belok kanan ke POM IX dan lurus menuju ke bukit kecil. Arah simpang bukit kecil menuju simpang kampus wajib belok ke kiri menuju POM IX dan apabila akan menuju ke A Rivai atau Radial dapat melewati Jalan Stadion samping Palembang Icon.

Lihat Juga :  Protes PKI, Ormas Islam Akan Gelar Aksi 299, "Pasukan Asmaul Husna" Sudah Berjaga-jaga

 

Adapun Jalan POM IX semuanya satu arah menuju simpang Sumpah Pemuda dapat belok kiri menuju Jalan Demang Lebar Daun atau belok kanan menuju Jalan Kapten A Rifai, Jalan Radial maupun balik kembali ke POM IX. Sementara Jalan Radial satu arah dari arah kampus menuju PIM, sehingga arus yang dari arah PIM bila mau menuju simpang kampus harus berputar menuju simpang bukit kecil. Dari pantauan AsSajidin di hari ketiga uji coba lalu lintas tersebut, kepadatan kendaraan justru berpindah titik saja. (*)

Penulis: yulia savitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close