HeadlineHumanioraPolitikUtama

Alam Dijadikan Obyek Beginilah yang akan Terjadi, Yenrizal : Pilih Pemimpin yang Peduli Lingkungan

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COm —┬áSeminar Jurnalistik Lingkungan dan Pelatihan Kehumasan digelar berbarengan dengan launching globalplanet.news berlangsung Senin (30/10). Seminar bertujuan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup.

Salah satu pemateri seminar DR. Yanrizal menjelaskan bahwa terjadi kesalahan persepsi terkait kekayaan sumber daya alam yang ada.

“Sumber daya alam (SDA) dijadikan sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD), sehingga menyebabkan terjadinya eksploitasi. Alam hanya dijadikan sebagai sebuah obyek bukan sebagai proyek yang akan memberikan keuntungan,”jelasnya.

Yanrizal menambahkan selain pemerintah selaku pengambil kebijakan, media memegang peran penting.

“Dalam memberikan informasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, selain pengambil kebijakan tentunya pers juga menjadi bagian terpenting. Untuk itu kalau selama ini setelah ada masalah (banjir, kebakaran hutan dan lahan, dll) tentang lingkungan baru diangkat pemberitaannya, ke depan harus difokuskan terhadap upaya penanggulangan dan pencegahan bencana lingkungan yang disosialisasikan,”jelasnya.

Dosen UIN Raden Fatah Palembang ini mengingatkan masyarakat Sumsel untuk memilih pemimpin yang peduli terhadap lingkungan.

“Permasalahan lingkungan hidup tidak bisa selesai hanya dalam satu hari saja, karena ini merupakan tanggung jawab dan masa depan kita semua, untuk itu hendaknya pilihlah pemimpin yang peduli terhadap lingkungan,”tandasnya.

Sementara Pemred globalplanet.news, Ahmad Taufiq Akbar mengatakan, “kami hadir untuk memberikan warna baru bagi media di Sumatera Selatan, serta untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ahcmad Taufiq Akbar selaku Pimpinan Redaksi globalplanet.news dalam sambutannya di acara launching globalplanet.news di Hotel Horison Ultima Palembang, Senin (30/10).

Nampak hadir pada acara tersebut Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Provinsi Sumsel Ir. Yohanes H. Toruan sekaligus me-launching globalplanet.news, didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Palembang Darma Budhy, Kabid Humas Polda Sumsel Slamet Widodo, dan Ketua PWI Sumsel Oktaf Riyadi.

Yohanes berharap globalplanet.news dapat memberikan informasi dan pemberitaan secara transparan dan jujur.
“Dalam memberikan informasi dan pemberitaan kepada masyarakat harus transparan dan jujur, tanpa hal tersebut tidak akan ada objektivitas. Sehingga tidak akan muncul kritik dan masukan untuk meraih kesuksesan, karena memajukan Sumsel merupakan tujuan kita bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Darma Budhy menuturkan “Saya menyambut baik kehadiran globalplanet.news, tentunya kita juga berharap nantinya memberikan informasi yang akurat dan berimbang. Sehingga dapat menjadi bagian dari masyarakat, dan menjadi bagian dalam mensukseskan Palembang EMAS dan Asian Games 2018,”ucapnya.(*)

Penulis: M Dudin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close