PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com –– Jurusan Ilmu Komunikasi (ILKOM) STISIPOL Candradimuka Palembang kembali mengadakan kuliah umum yang membahas mengenai peranan komunikasi. Kuliah umum mengangkat tema “Peran Wong Komunikasi di Kota Palembang untuk Mendukung 18th Asian Games 2018” di Aula Ismail Jalili Lantai 2, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang, Kamis (12/10/2017).
Kuliah umum tersebut dibuka oleh Sumarni Bayu Anita, S. Sos,. M.A. selaku ketua jurusan ilmu komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang.  “Kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa ilmu komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang, dari semester pertama sampai tingkat akhir, berjumalh 300 peserta,”ujarnya.
Sumarni juga mengungkapkan bahwa kegiatan kuliah umum ini sudah menjadi program tahunan dari jurusan ilmu komunikasi.  “Ini merupakan tahun ketiga dilaksanakan kuliah umum, semenjak saya menjabat sebagai ketua jurusan ilmu komunikasi,” imbuhnya.
Acara ini dihadiri oleh Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumatera Selatan dan Prof.Hj.Isnawijayani, M.Si, Ph.D Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitass Bina Darma sebagai narasumber.
“Dalam arah kebijakan ada 4 faktor pembangunan pariwisata: Destinasi, Pemasaran, Industri, dan Kelembagaan,” ujar Irene dengan semangatnya.
Destinasi di Kota Palembang memiliki 64 daya tarik serta 32 titik pariwisata di Sungai Musi. Untuk melakukan pemasaran lokasi pariwista memerlukan Branding, Advertising, dan salling. Contohnya untuk Indonesia dikenal Pesona Indonesia sedangkan di Palembang explole your South Sumatera.
“ Namun sayangnya di Kota Palemabang walau banyak destinasi wisata, usaha cindera mata kurang maksimal,” tambahnya.
Isnawijayani menambahkan, branding diiringi dengan kegiatan komunikasi. Komunikasi yang paling baik adalah lewat media. Adapun syarat Branding sesuai target serta terasosiasi oleh diferensiasi.
Seperti yang dikatakan oleh M.Farhan semester 3 kelas pagi Ilmu Komunikasi, kuliah umum ini cukup memberikan banyak manfaat sesuai dengan temanya peranan komunikasi untuk Asian Games 2018. “Sebagai mahasiswa komunikasi, kita harus lebih aktif dalam mempromosikan pariwisata lewat media yang ada di Kota Palemabang,” tutupnya.(*)

Penulis: Hartina

Lazada Indonesia