HAJI & UMROH

441 Jemaah Kloter 14 Asal Lahat dan Palembang Tiba di Tanah Air

ASSAJIDIN.COM —Sebanyak 441 jemaah haji Kloter 14 Debarkasi Palembang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Rabu (10/07/2024) siang. Kloter 14 merupakan gabungan jemaah asal Palembang dan Kabupaten Lahat.

Setibanya di Asrama Haji Sumsel, jemaah haji Kloter 14 disambut dan dilepas secara resmi kembali ke daerah masing-masing di aula asrama haji. Hadir antara lain Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel Sunarto, Kabag Tata Usaha sekaligus PLH. Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, para Kepala Bidang Kanwil Kemenag Sumsel, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Palembang Emmilya Rosa, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola asrama haji Rebo Iskandar Pohan, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang.
Ketua Kloter 14 Khairul Saleh menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah kloter 14 berjumlah 444 orang. Di Arab Saudi ada dua jemaah yang meninggal yaitu Amirullah Ingsing (72) dan Sailani Cikmari (76) asal Lahat. Selain itu ada satu jemaah yang sudah pulang lebih awal bersama kloter 5 yaitu Sundarita Abdul Amin (60) asal Lahat. “Dengan demikian, yang kembali hari ini berjumlah 441 orang,” jelas Khairul Saleh.
PLH. Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan menjelaskan, hingga hari ini PPIH Debarkasi Palembang telah menerima kepulangan 6.259 jemaah haji dengan rincian 5.083 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Babel, dan 70 petugas kloter. Sedangkan jemaah haji yang meninggal dunia berjumlah 25 orang dengan rincian dua meninggal di embarkasi, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu jemaah meninggal di debarkasi. Adapun jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi berjumlah lima orang.
“Embarkasi/Debarkasi Palembang tahun ini memberangkatkan 8.467 jemaah haji yang tergabung dalam 19 kelompok terbang. Jadi, masih ada lima kloter lagi yang berada di Arab Saudi, tepatnya di Kota Madinah,” jelas Win Hartan.
Salah satu jemaah, Ken Herawati dari Lahat saat ditanya kesan berangkat haji mengaku pengalaman berangkat haji tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata, karena begitu indah dan luar biasa. “Pengalaman berangkat haji sungguh luar biasa, apalagi di Armuzna. Alhamdulillah saya pribadi dan suami diberi kemudahan dan kekhusyukan dalam beribadah,” tutur Ken.
Ken juga menilai pelayanan haji di tahun 2024 luar biasa maksimal. Pelayanan petugas sangat prima mulai dari keberangkatan sampai kepulangan, petugas juga bisa berinteraksi dengan para jemaah. Terkait fasilitas menurut Ken sangat bagus, mulai dari transportasi, akomodasi, pelayanan kesehatan, hingga konsumsi.
“Pelayanan petugas Alhamdulillah dari berangkat sampai kepulangan sungguh luar biasa prima, bisa berinteraksi dengan para jemaah. Konsumsi sesuai lidah indonesia, semua sangat enak. Fasilitas sungguh sangat bagus, malah teman ada yang bilang pelayanan seperti fasilitas haji plus. Alhamdulillah, baik itu transportasi, akomodasi, kesehatan, penginapan, pelayanan kesehatan, konsumsi dan sebagainya, sungguh sangat luar biasa,” ungkap Ken.

Lihat Juga :  Arab Saudi Kembali Tutup Akses Umroh hingga Usai Idul Fitri

(MCH Debarkasi Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button