HAJI & UMROH

Pemulangan Gelombang 1 Usai, 4.039 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Telah Kembali Ke Tanah Air

ASSAJIDIN.COM —Sebanyak 446 jemaah haji Kloter 9 Debarkasi Palembang asal Palembang dan OKU Selatan tiba di Kota Palembang, Rabu (03/07/2024) sore. Kloter 9 merupakan kloter terakhir yang tergabung dalam gelombang pertama embarkasi/debarkasi Palembang. Total jemaah haji debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 4.039 orang.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang menjelaskan, tahun ini embarkasi Palembang memberangkatkan total 8.467 jemaah yang tergabung 19 kelompok terbang (kloter). Mereka berangkat dalam dua gelombang, yaitu kloter 1 sampai 9 di gelombang pertama dan kloter 10 sampai 19 di gelombang kedua. Hingga pemulangan terakhir di gelombang pertama hari ini, yakni kloter 9, sudah 4.039 jemaah yang telah kembali ke Tanah Air.

Rinciannya, 2.888 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Bangka Belitung, dan 45 petugas kloter.
“Besok malam kita akan menerima kepulangan jemaah gelombang kedua, yakni kloter 10 yang dijadwalkan tiba di Palembang pukul 17.55 WIB. Berbeda dengan jemaah gelombang pertama yang pulang dari Bandara Jeddah menuju Palembang, untuk jemaah gelombang kedua ini diterbangkan dari Bandara Madinah,” jelas Syafitri.

Lihat Juga :  Begini Penampakan Bandara Baru Jeddah, akan Dioperasikan Mei 2018, Ada Terminal Khusus Umroh Lho..

Terkait jumlah jemaah yang meninggal, lanjut Syafitri, hingga saat ini jemaah embarkasi/debarkasi Palembang yang wafat berjumlah 24 orang. Rinciannya, dua meninggal di embarkasi sebelum keberangkatan ke Tanah Suci, 21 jemaah meninggal di Arab Saudi, dan satu jemaah meninggal di debarkasi yakni di rumah sakit rujukan saat kepulangan kemarin.

“Adapun jemaah yang masih sakit dan dirawat di Arab Saudi berjumlah empat orang. Dua orang dari kloter 2, satu orang dari kloter 4, dan satu orang dari kloter 7. Kondisi mereka masih terus dipantau. Bila membaik dan dinyatakan laik terbang, mereka akan diberangkatkan bersama kloter-kloter berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Evi Zurfiana Azom saat menyambut kedatangan jemaah kloter 9 di Aula Asrama Haji Sumsel menuturkan, jemaah kloter 9 saat berangkat ke Tanah Suci berjumlah 450 orang. Namun ada tiga jemaah yang meninggal di Arab Saudi dan satu jemaah yang pulang lebih awal bersama kloter 6. Evi pun mengucapkan selamat datang kepada jemaah yang baru kembali dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya.
“Terima kasih kepada para petugas dan para jemaah yang telah bekerjasama dengan baik.

Lihat Juga :  Makanan Khas Palembang, Laksan dengan Kuah Susu Aman Kolesterol, ini Resepnya

Sehingga kloter 9 bisa menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan lancar. Selamat kembali ke Tanah Air. Insya Allah menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ujar Evi.

Acara penyambutan sekaligus pelepasan kloter 9 sendiri dihadiri antara lain Kakanwil Kemenag Sumsel diwakili Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf Evi Zurfiana Azom, Kabag Agama Biro Kesra Pemprov Sumsel Muhammad Yamin, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji Sumsel Rebo Iskandar Pohan, dan jajaran PPIH Debarkasi Palembang. (*/RILIS MCH Debarkasi Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button