HAJI & UMROH

Haji Muda Puji Kesigapan Petugas Haji Layani Jemaah Lansia

ASSAJIDIN.COM—Sebanyak 449 jemaah haji Kloter 7 Debarkasi Palembang tiba di Asrama Haji Sumsel, Senin (01/07/2024) siang.

Pulang dari menjalankan ibadah haji, dua jemaah usia muda memuji pelayanan petugas selama proses pelaksanaan ibadah haji.

Putri Masya Adira, remaja 19 tahun asal Palembang, salut dengan kesigapan petugas membantu jemaah haji. Terutama jemaah lanjut usia. “Kita banyak terimakasih kepada petugas yang selalu sigap dan siap membantu jemaah.

Di Mina contohnya, banyak jemaah yang lelah, petugas saya lihat sigap mendorong jemaah lansia. Aku salut sih, banyak-banyak terimakasih,” tutur Putri.

Bagi Putri, pengalaman berangkat haji pertama kali ini sangatlah berkesan. Paling berkesan tentu saja saat puncak haji di Armuzna. “Kita berkumpul dan berdoa dengan jutaan orang dari seluruh penjuru dunia. Ini luar biasa. Makanannya enak, transportasinya bagus, pun dengan kondisi hotelnya.

Apalagi di Madinah, hotelnya saat dekat dengan Masjid Nabawi. Rasanya kalau diberi kesempatan, pengen berangkat haji lagi,” ujar Putri.

Lihat Juga :  Ganjaran Menolong Saudara dan Melepaskan Kesusahan Orang Lain

Senada dengan Putri, Muhammad Nabil Al Rachman (18) yang berangkat bersama ibunya menyampaikan pengalamannya. Dia bersyukur fasilitas yang disiapkan PPIH Arab Saudi tidak ada kendala. “Mungkin yang butuh kesabaran adalah toilet saat di Armuzna, karena kita harus antri. Tapi itu bukanlah masalah besar. Tujuan kita berangkat adalah tentu untuk memperbanyak ibadah,” tutur Nabil.

Kepulangan jemaah haji kloter 7 sendiri disambut Kabag Tata Usaha sekaligus PLH. Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf Evi Zurfiana Azom, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Efriansyah, Direktur PT. Swarna Dwipa Rebo Iskandar Pohan, dan Kabag Agama Pemprov Sumsel Muhammad Yamin.

Win Hartan menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah kloter 7 berjumlah 450 orang. Dua jemaah sudah pulang lebih awal bersama kloter 2 yaitu Ahmad Nuril Alam dan Eva Hariyantini. Saat kepulangan ke Tanah Air, ada satu jemaah yang tidak bisa ikut karena masih dirawat di rumah sakit yaitu Sahlan Sophian (73). Namun ada dua jemaah dari kloter 15 yang bergabung pulang yaitu Yamtoni Maliun Dul Majid (59) dan Syamsul Bahri (63) asal Palembang.

Lihat Juga :  Dua Jemaah Haji Asal Sumsel Meninggal Dunia

Sehingga total jemaah kloter 7 yang kembali ke Palembang berjumlah 449 orang.
“Hingga hari ini, total jemaah haji debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 3.143 dengan rincian 2.002 jemaah Sumsel, 1.106 asal Bangka Belitung, dan 35 petugas kloter. Sedangkan jemaah yang wafat berjumlah 22 orang dengan rincian dua meninggal di embarkasi dan 20 meninggal di Arab Saudi,” jelas Win Hartan.

“Untuk jemaah sakit yang dirawat di Arab Saudi ada empat orang, yaitu Zaenoni Zen Ibrahim dan Bonandar Iskak Karyo dari kloter 2, Mascik Mentoh Thalib dari kloter 4, dan Sahlan Sophian dari kloter 7,” sambung Win Hartan. (*/Sumber:MCH Debarkasi Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button