HALAL

Berkunjung ke Malaysia (5) : Tengok 5 Universitas Terbaik 

ASSAJIDIN.COM — Tak bisa dipungkiri pendidikan di negeri Jiran Malaysia sudah sangat maju.

Tak kalah jauh, misalnya dibandingkan negara Jepang, Australia, dan Amerika Serikat serta Kanada.

Tentu saja yang kita bahas di sini khusus perguruan tinggi Islam.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke universitas Islam di Malaysia, pilihan berikut mungkin bisa kamu pertimbangkan.

 

Universiti Sains Islam Malaysia. (Foto : IST)

Kampus Terbaik

Mengutip Anakislam.com, berikut 5 universitas Islam terbaik di Malaysia :

1. International Islamic University Malaysia

IIUM sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. IIUM berfokus untuk memadukan antara disiplin modern serta profesional dengan nilai moral dan kebijakan dalam ilmu agama Islam.

Mahasiswa yang berkuliah di sini berasal dari 100 lebih negara yang masing-masing mewakili berbagai belahan dunia. Perguruan tinggi ini disponsori delapan pemerintahan dari berbagai bidang, termasuk di antaranya OIC yang bergerak dalam kooperasi Islami.

Kampus IIUM berada di tiga wilayah Malaysia antara lain Selangor, Petaling Jaya, dan Gombak. Berdiri sejak tahun 1983, IIUM memiliki lebih dari 10 program studi.

Beberapa di antaranya yang paling ternama adalah Fakultas Arsitektur, teknik, kedokteran, pendidikan, IT, hingga ekonomi dan bahasa.

Meski pengajarannya didasari oleh ilmu Islam, kampus ini sangat terbuka dengan menerima mahasiswa non muslim.

2. Universiti Sains Islam Malaysia

Universitas Islam di Malaysia berikutnya adalah USIM. Perguruan tinggi ini didanai secara penuh oleh pemerintahan Malaysia.

Sesuai dengan namanya, USIM melakukan pendekatan secara seimbang dari aspek sains logika dengan sisi spiritual yang berkaitan erat dengan Tuhan.

Lihat Juga :  Berkunjung ke Malaysia (7-habis) : Mampir Sejenak di Pasar Chow Kit Kuala Lumpur 

Hal ini tidak hanya diterapkan saat kegiatan belajar mengajar, namun juga secara keseluruhan di berbagai kegiatan kampus.

Pengetahuan Naqli (wahyu) dan pengetahuan Aqli (rasional) dipadukan menjadi kekuatan yang saling mendukung dalam pengalaman belajar yang utuh.

Universitas yang berdiri di tahun 1998 ini mengintegrasikan berbagai ilmu untuk menghasilkan pemahaman menyeluruh mengenai permasalahan global di masa kini.

Bidang studinya cukup beragam yakni Bahasa Arab, syariah dan hukum, Al-Quran dan sunnah, kepemimpinan, ekonomi, hingga sains dan teknologi.

3. Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia

Kampus yang berdiri mulai tahun 2006 ini memiliki tiga gedung yakni di Bharu, Besut, serta Kusza. Ada sembilan fakultas yang terdapat di USZA antara lain bahasa, informatika, ilmu Islam kontemporer, akuntansi, bioteknologi, dan lain sebagainya.

Kurikulum yang ada di kampus ini terintegrasi dengan merata dan menghasilkan lulusan mulai dari diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3).

4. Al Madinah International University

Bila membicarakan Universitas Islam di Malaysia tidak pernah luput dari kampus ini. Kampus yang didirikan di tahun 2006 ini terletak di ibukota Malaysia, yakni Kuala Lumpur.

Pada 2007 MEDIU sudah memenuhi berbagai syarat dari kementrian pendidikan di Malaysia sehingga bisa mendapat akreditasi penuh.

Bidang keilmuan yang terdapat di MEDIU seperti Dirasah Islamiah, Tarbiyah, teknologi informasi, keuangan, teknik, dan lain-lain.

5. Universiti Islam Malaysia

Universitas yang terletak di daerah Selangor ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi khusus program pascasarjana yang berbasis Islam di Malaysia.

Lihat Juga :  Rihlah ke Brunei Darussalam (3) : Melihat Keindahan Istana Nurul Iman, Kediaman Resmi Sultan Hassanal Bolkiah dan Keluarga 

Universitas yang memiliki logo berwarna biru kekuningan ini berdiri pada bulan November 2014. UIM memiliki tiga program studi utama yakni manajemen finansial, hukum dan syariah, serta ilmu peradaban dan sivilisasi.

UIM juga dikenal dengan tiga perpustakaannya yakni dalam bidang finansial, filosofi/kebijaksanaan, dan juga perpustakaan khusus koleksi eksklusif.

 

Salah satu hostel di Malaysia. (Foto : Airbnb.co.id)

Tips Akomodasi

Nah, buat kamu yang ingin kuliah di Malaysia, berikut tips mencari akomodasi untuk mahasiswa dikutip dari akun Instagram @hotcourses_id:

1. Hostel

Suasana tinggal di hostel mirip dengan suasana di asrama kampus. Pelajar internasional bisa memilih untuk berbagi kamar dengan pelajar lainnya atau tinggal sendiri.

Kelebihan tinggal di hostel yaitu dilengkapi dengan Wi-fi, kamar mandi, dan tempat nongkrong atau bersantai ang terletak tak jauh dari sekitar area hostel.

2. Asrama Kampus

Mengutip Medcom, mayoritas universitas di Malaysia menawarkan untuk tinggal di asrama kampus yang sudah disiapkan untuk pelajar internasional.

Biaya untuk asrama ini termasuk akomodasi yang dibayar oleh kantor manajemen dan dibayar per semester dan bukan bagian dari biaya kuliah.

3. Apartemen atau sewa rumah

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa rumah kontrakan tentunya lebih mahal dibandingkan dengan biaya sewa asrama di Malaysia.

Jika kebebasan ekstra mereka untuk belajar dan bersantai dibandingkan dengan dengan mereka yang tinggal di asrama adalah yang dicari, maka ini pilihan yang tepat.

Sewa yang mahal dapat disiasati dengan sistem sharing cost bersama teman kampus atau bahkan saudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button