HALAL

Berkunjung ke Malaysia (1) : Shalat di Masjid Putra

ASSAJIDIN.COM — Masjid Putra atau Putra Mosque merupakan masjid utama sekaligus landmark terkenal di Putrajaya, Malaysia.

Berbeda dengan masjid lain yang bergaya Melayu, bangunan Masjid Putra justru terinspirasi dari Masjid Syekh Omar di Baghdad, Irak.

Masjid megah ini mampu menampung hingga 15.000 jemaah sekaligus. Menariknya, seperti dikutip dari idntimes.com, masjid ini juga sering disebut sebagai masjid terapung oleh warga lokal.

Lokasi: Persiaran Persekutuan, Presint 1, 62502 Putrajaya, Wilayah Persekutuan Putrajaya, Malaysia.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Putra Mosque. (Foto : iStock)

Kebanggan Malaysia

Masjid Putra bersebelahan dengan Perdana Putra, kantor Perdana Menteri Malaysia.

Masjid Putra adalah nama yang diberikan untuk menghormati mantan perdana menteri Malaysia yang pertama, almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj. Masjid ini merupakan salah satu mercu tanda utama Putrajaya.

Masjid ini lokasinya bersebelahan dengan Dataran Putra dan berhadapan dengan Danau Putrajaya. Dari masjid ini bisa dilihat dengan jelas keindahan danau yang luas dan kawasan sekitarnya yang asri.

Masjid ini lokasinya memang menjorok ke arah danau. Ini menjadikan Masjid Putra kelihatan seperti terapung-apung di permukaan danau.

Pada saat kita menunaikan ibadah shalat, udara segar dari danau bertiup masuk menyejukkan kawasan masjid.

Mengutip Bpkh.go.id, lantai satu masjid dimanfaatkan sebagai ruang shalat bagi jamaah perempuan. Lantai ini mampu menampung 2.000 jamaah.

Lantai bawah dua menjadi penghubung utama menuju serambi belakang yang menghadap langsung ke arah danau buatan.

Di lantai ini tersedia pelataran yang cukup luas bagi pengunjung untuk berjalan-jalan atau sekadar duduk-duduk menikmati udara sejuk danau.

Sedang lantai bawah satu digunakan untuk multifungsi. Sebuah auditorium yang mampu menampung 450 orang terdapat di lantai ini.

Selain itu juga tempat makan dan ruang pameran. Kantor pengelola masjid juga berada di lantai ini.

Lihat Juga :  Pernah Curi Penghapus 15 Tahun Lalu, Pria ini Merasa Bersalah dan Membayarnya, Reaksi Pemilik Toko Mengejutkan

Juga terdapat tiga ruang belajar yang masing-masing mampu menampung 100 orang dan ruang penyelenggaraan jenazah.

Tempat wudhu juga berada di lantai ini, dipisahkan antara pintu khusus laki-laki dan perempuan.

Keempat lantai itu dihubungkan oleh rangkaian tangga yang bermula dari tempat wudhu utama. Dua buah lift di kiri dan kanan pintu lantai utama diperuntukkan terutama bagi jamaah berusia lanjut atau penyandang cacat.

Masjid Putra kini menjadi masjid kebanggaan Malaysia. Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata utama Kuala Lumpur.

Ratusan wisatawan berkunjung ke masjid ini setiap harinya. Tak hanya kalangan Muslim, umat non-Muslim pun kerap berkunjung ke sana.

Mereka bahkan diperkenankan untuk masuk ke dalam masjid setelah sebelumnya bertukar baju dengan jubah berwarna pink.

Jubah ini tak hanya diwajibkan bagi non-Muslim semata, tetapi juga bagi mereka yang cara berpakaiannya dianggap kurang pantas. Misalnya mengenakan rok mini atau busana tanpa lengan.

 

Foto : Lemon8

 

Keindahan Arsitektur

Masjid Putra memang menakjubkan dengan desain arsitektur yang megah dan indah, termasuk:

Arsitektur Islam Modern: Masjid ini menggabungkan elemen-elemen arsitektur Islam tradisional dengan gaya modern yang elegan, menciptakan bangunan yang memukau secara visual.

Kubah-Kubah Megah: Masjid ini memiliki beberapa kubah yang besar dan indah, yang menjadi ciri khas arsitektur Islam.

Dekorasi Artistik: Dinding dan langit-langit masjid dihiasi dengan ukiran dan mozaik artistik yang memperindah interior bangunan.

 

Sejarah dan Budaya

Masjid Putra memiliki sejarah yang kaya dan penting dalam budaya dan kehidupan keagamaan di Malaysia, termasuk:

Pembangunan dan Pembukaan: Masjid ini dibangun antara tahun 1997 dan 1999 dan diresmikan pada tahun 1999 oleh Yang di-Pertuan Agong Malaysia yang ke-11, Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah.

Peran sebagai Tempat Ibadah: Masjid Putra adalah tempat ibadah utama bagi umat Islam di Putrajaya dan sekitarnya, serta menjadi tujuan ziarah dan ibadah bagi wisatawan dan peziarah dari dalam dan luar negeri.

Lihat Juga :  Rihlah ke Brunei Darussalam (3) : Melihat Keindahan Istana Nurul Iman, Kediaman Resmi Sultan Hassanal Bolkiah dan Keluarga 

Peringatan Acara Penting: Masjid ini juga menjadi tempat peringatan acara-acara penting dalam agama Islam, termasuk Shalat Jumat, peringatan bulan Ramadhan, dan perayaan Idul Fitri serta Idul Adha.

 

Fasilitas dan Kegiatan

Beberapa fasilitas dan kegiatan yang tersedia di Masjid Putra meliputi:

Tur Guided: Pengunjung dapat mengikuti tur berpemandu yang diselenggarakan oleh masjid untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang sejarah, arsitektur, dan nilai-nilai budaya masjid ini.

Shalat dan Kajian Agama: Masjid ini menyediakan fasilitas untuk shalat lima waktu serta kajian agama dan diskusi keagamaan bagi umat Islam yang ingin memperdalam pengetahuan agama mereka.

Pameran dan Acara Budaya: Terkadang, masjid ini menjadi tuan rumah untuk pameran seni Islam, acara budaya, dan festival keagamaan yang memperkaya pengalaman pengunjung.

Akses Lokasi

Dikutip dari Bafageh.com, Masjid Putra terletak di pusat kota Putrajaya dan dapat diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum atau mobil pribadi.

Pengunjung dapat menggunakan taksi, bus, atau layanan transportasi online untuk mencapai masjid ini dari berbagai lokasi di Putrajaya atau Kuala Lumpur.

Foto : IST

Tips Pengunjung

Beberapa tips untuk pengunjung yang ingin mengunjungi Masjid Putra:

Pakaian yang Tertutup: Pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup saat mengunjungi masjid ini, sebagai tanda penghormatan terhadap tempat ibadah.

Hormati Peraturan: Patuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam masjid, termasuk larangan membawa makanan atau minuman ke dalam area ibadah.

Berfoto dengan Hormat: Jika Anda ingin mengambil foto di dalam masjid, pastikan untuk melakukannya dengan hormat dan tidak mengganggu kegiatan ibadah atau pengunjung lainnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button