INTERNASIONALMOZAIK ISLAM

Jalan-jalan ke Jepang (1): Singgah di Camii, Masjid Indah di Tengah Kota Tokyo

ASSAJIDIN.com — Jalan-jalan ke Jepang, jangan lupa singgah di Camii Tokyo.

Salah satu masjid tertua yang dibangun pada tahun 1930-an oleh imigran muslim yang datang ke Jepang.

Pada masa di mana Jepang kedatangan imigran muslim dalam jumlah besar dan masjid pertama mulai didirikan.

 

Foto : Bisnis Style

 

Awalnya masjid Camii dibangun bersama sekolah tanggal 12 Mei 1938. Dan pendiri masjid Camii Tokyo Jepang ini adalah imigran bernama Bashkir Tatar dari Rusia yang datang ke Jepang setelah Revolusi Oktober.

Pembuatan masjid dengan arahan Abdurreshid Ibrahim, Imam pertama masjid, dan Abdulhay Kurban Ali.

Pada tahun 1986, masjid mengalami kerusakan yang parah. Masjid mulai dibangun kembali pada tahun 1998. Diarsiteki Muharrem Hilmi Senalp.

Ornamen nya didasarkan pada arsitektur religius Ottoman. Sekitar 70 pengrajin Turki melakukan perincian finishing, dan sejumlah besar marmer diimpor dari Turki.

Renovasi selesai dilakukan pada tahun 2000 dengan menghabiskan biaya sekitar 1,5 miliar yen (saat itu).

Peresmian dilakukan pada tanggal 30 Juni 2000. Masjid ini memiliki luas 734 meter persegi dan memiliki satu lantai basement dan tiga lantai di atas tanah dengan total luas lantai 1.477 meter persegi.

Kubah utama masjid ini memiliki ketinggian 23,25 meter dan didukung enam pilar, sedangkan menara yang berdekatan tingginya 41,48 meter.

Saking besarnya, Masjid Camii mampu menampung jamaah hingga sekitar 1.200 untuk beribadah di dalam masjid. Khususnya pada hari-hari besar agama islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan melaksanakan ibadah shalat Jumat.

Masjid Camii juga bukan hanya untuk beribadah saja, tetapi juga difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan pernikahan, peragaan busana, pertunjukan, pameran dan konferensi.

Masjid Camii juga memiliki anggota remaja masjid yang aktif. Yuai Internasional School menyelenggarakan kelas spirit membaca Al-Quran, mengenal Islam, karate, dan kaligrafi.

Sekolah tersebut dijalankan oleh Islamic Center of Japan (IJC), sebuah lembaga muslim yang telah didirikan sejak 1966.

 

Foto : IST

 

Fakta Menarik

Berikut fakta menarik tentang Masjid Camii :

1. Masjid Terindah se-Asia

Tidak hanya memiliki luas yang megah dengan ornamen jubah berdiameter 25 meter. Masjid ini akan memberikan rasa kagum bagi para jamaah karena dengan desain bangunan yang megah, kaligrafi, hingga ornamen hiasan yang sangat cantik. Masjid ini juga disebut sebagai masjid terindah di Asia.

2. Lokasi yang Strategis

Masjid Camii Tokyo berlokasi tidak jauh dari kawasan Shinjuku dan Harajuku. Jika kalian yang sedang berlibur di kawasan tersebut, jangan lupa untuk mampir melihat kecantikan Masjid Camii dan melihat sejarah peradaban Islam di jepang.

Lihat Juga :  Apa itu Sunatullah? Ini Pengertian dan Maknanya Berdasarkan Alquran

Bagi traveler muslim, kalian bisa datang dan bertemu teman-teman muslim lainnya disana.

3. Memiliki Ornamen Dinding yang Cantik

Banyak hiasan dan ornamen cantik yang menempel di dinding masjid. Langit-langit masjid dirancang dengan beragam ornamen.

Pada bagian langit masjid dibuat tinggi sehingga tampak lebih luas. Seluruh ornamen masjid hampir didominasi berwarna biru yang menyejukkan.

4. Pengunjung Dapat Berkeliling Melihat Keindahan Masjid

Bagi pengunjung yang penasaran dan ingin mengetahui secara menyeluruh Masjid Camii. Bisa berkeliling untuk memuaskan rasa penasaran dan keingintahuan.

Namun, dengan syarat bagi pengunjung yang sedang berkeliling Masjid Camii tidak boleh mengganggu jamaah yang sedang melaksanakan ibadah di dalam masjid.

Berbeda dengan masjid di Indonesia yang biasanya selalu terbuka untuk jamaah selama 24 jam, Camii hanya buka sampai pukul 18:00 waktu setempat.

 

Potret pernikahan Maia Estanty dan Irwan Mussry yang dihadiri ketiga putranya di Masjid Camii Tokyo Jepang. (Foto : IST)

 

Beragam Layanan dan Fasilitas 

Tokyo Camii yang megah dan indah ini, tidak hanya berfungsi sebagai tempat shalat saja, akan tetapi menyediakan berbagai layanan dan fasilitas:

– Layanan 1: Mengucapkan Kalimah Syahadat Untuk Mualaf

Masjid ini menyediakan layanan untuk menjadi mualaf. Imamnya akan memandu seorang mualaf untuk mengucapkan kalimah Syahadat.

Setelah proses selesai pihak masjid akan mengeluarkan sertifikat bahwa orang tersebut telah menjadi seorang mualaf.

Ada banyak orang Jepang bahkan orang asing di sini yang menjadi mualaf.

– Layanan 2: Menikah secara Islam

Di masjid ini juga menyediakan fasilitas bagi orang yang ingin menikah secara Islam.

Banyak orang Indonesia muslim yang menikah di sini, termasuk selebriti Indonesia seperti Syahrini dan Reino Barack, juga Maia Estanty dan Irwan Mussry.

– Layanan 3: Layanan pengurusan jenazah muslim

Jika ada muslim yang meninggal di Jepang, terutama di area Tokyo, Tokyo Camii menyediakan pengurusan jenazah secara Islam.

 

Aula serbaguna. (Foto : IST)

 

Spot Wisata 

Masjid Camii juga menghadirkan spot wisata karena di dalamnya kamu dapat menikmati desain interior masjid khas Turki yang megah, juga dapat berbelanja oleh-oleh khas Turki, mulai dari buku tentang Turki, makanan khas Turki, bahkan kamu dapat menemukan Al Quran super mini yang bisa dijadikan gantungan kunci.

Selain itu juga di Tokyo Camii ini kamu dapat berbelanja bahan makanan halal, tidak hanya yang berasal dari Turki, akan tetapi dari Malaysia, Indonesia, bahkan daging halal yang siap untuk diolah.

Lihat Juga :  Jalan-jalan ke Jepang (3) : Kisah Inspiratif  Imam di Masjid Asakusa, Tokyo

– Fasilitas 1: Tempat Shalat Yang Terpisah Antara Pria dan Wanita

Tempat shalat dipisahkan untuk pria dan wanita. Tempat shalat pria terletak di lantai satu sedangkan tempat shalat wanita terletak di lantai dua.

Tempat wudhu juga terpisah antara pria dan wanita, jadi wanita dapat melakukan wudhu secara aman.

– Fasilitas 2: Toko Oleh-oleh Khas Turki

Segera setelah memasuki kawasan masjid dari pintu depan, di sebelah kanan kamu akan menemukan toko oleh-oleh khas Turki.

Di sini kamu dapat berbelanja oleh-oleh khas Turki seperti buku tentang negara Turki, buku masakan Turki bahkan Al Quran.

– Fasilitas 3: Aula Serbaguna

Di belakang toko oleh-oleh, kamu akan menemukan sebuah aula besar. Di belakangnya kamu akan menemukan sebuah aula besar. Di sini setiap tahun diselenggarakan berbagai event.

– Fasilitas 4: Halal Market

Di Halal Market, kamu akan menemukan produk makanan dari seluruh dunia yang tentu saja halal. Semua pendapatan dari belanja akan dipakai untuk keperluan dan orang-orang yang membutuhkan.

Di Halal Market ini juga dijual roti halal fresh from the oven setiap hari Selasa dan Jumat.

Jadi bagi yang datang liburan ke Tokyo dan mengunjungi Masjid Camii ini dapat membeli roti segar yang dapat dibawa pulang ke hotel untuk dijadikan camilan atau sarapan jika bosan dengan menu hotel.

– Fasilitas 5 : Café

Setelah menyelesaikan ibadah shalat, kamu dapat mengunjungi café yang terletak tepat di sebelah masjid.

Biasanya di hari kerja café ini agak sepi, jadi ini sebuah tempat yang tepat bagi yang ingin beristirahat saat jalan-jalan di Tokyo. Nikmati kopi khas Turki dan kue yang dijual di Halal Market.

 

Informasi :

Nama tempat : Tokyo Camii and Diyanet Turkish Culture Center

Alamat: 1-19 Oyama-cho, Shibuya-ku, Tokyo 151-0065

Akses:

・Dari Stasiun Shinjuku: Jalur Odakyu arah ke Stasiun Yoyogi-Uehara, kemudian berjalan kaki sekitar 5 menit.

・Dari Stasiun Shibuya: Dari Hanzomon (Ginza) Subway ke arah Omotesando, ganti jalur kereta ke jalur Chiyoda arah Stasiun Yoyogi-Uehara, kemudian berjalan kaki sekitar 5 menit.

Jam Berkunjung: 10:00 ~ 18:00

Jam buka Halal Market: 10:00 ~ 19:00 setiap hari

Tel: 03-5790-0760

 

Sumber tulisan : 

Detik.com

m.kumparan.com

www.fun-japan.jp

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button