SYARIAH

Kumpulan Hadits Tentang Anjuran Puasa Senin Kamis, Hari Istimewa Bagi Rasulullah dan Memiliki Banyak keutamaan

ASSAJIDIN.COM — Puasa Senin Kamis menjadi landasan yang kuat bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah sunah tersebut.

Hadits puasa Senin Kamis banyak memberikan motivasi dengan memaparkan keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang hamba yang mengerjakan puasa tersebut.

Dalam sejumlah riwayat yang disampaikan oleh para sahabat, termasuk Abu Qatadah, Abu Hurairah, dan Aisyah, kita diperlihatkan keutamaan puasa pada hari Senin dan Kamis.

 

Rasulullah Muhammad SAW dengan tegas mendorong umatnya untuk melaksanakan puasa pada kedua hari tersebut sebagai salah satu bentuk ibadah yang amat dianjurkan.

 

Disebutkan dalam sebuah hadits, hari Senin merupakan hari yang istimewa bagi Rasulullah SAW, yaitu hari kelahiran, hari beliau mulai diutus, dan pada hari itu Al-Qur’an diturunkan kepadanya.

Lihat Juga :  One Day One Ayat: Surat Al Anfaal Ayat 31-33

Selain itu, mengerjakan amalan puasa adalah ibadah yang langsung ditujukan kepada Allah SWT dan Allah SWT sendiri yang akan membalasnya. Dalam hadits disebutkan:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”” (HR. Muslim)

Lihat Juga :  Mengapa Setelah Shalat Istisqa, Hujan Belum Juga Turun?

Adapun hadits tentang puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut:

Dari Abu Qatadah Ra. bahwasanya Rasulullah Saw. pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lalu Rasulullah Saw. bersabda, “Hari Senin merupakan hari kelahiranku, hari dimana aku mulai diutus, dan pada hari itu Al-Qur’ diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim). (Sumber: muslimterkini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button