HAJI & UMROH

Kloter 1 PLM Terbang Ke Saudi, Jemaah Diminta Fokus Ibadah

ASSAJIDIN.COM –Sebanyak 450 jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Palembang diberangkatkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Madinah Arab Saudi, Minggu (12/05/2024), pukul 07.44 WIB. Kloter 1 asal Musi Banyuasin dan Palembang ini sebelumnya dilepas Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

Kepada jemaah, Agus berpesan agar mereka fokus ibadah. Jemaah tidak perlu mencemaskan soal makanan karena pemerintah sudah menyiapkan menu-menu yang sesuai dengan selera nusantara. Ada juga menu yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan jemaah.

“Banyak orang yang ingin berangkat haji, tapi belum bisa berangkat. Manfaatkan waktu selama 40 hari perjalanan ibadah haji untuk fokus beribadah. Tetap jaga fisik dan kesehatan, jangan tergiur untuk banyak belanja. Terkait makanan, jangan khawatir, makanan Indonesia banyak. Jangan banyak jajan, belum tentu cocok dengan kita,” pesan Agus Fatoni.

Agus juga menitipkan doa agar Sumsel semakin maju serta dijauhkan dari bala dan bencana, masyarakatnya sejahtera, aman, damai, dan sentosa. “Selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada bapak ibu semua. Mudah mudahan kembali lengkap, jaga kesehatan, waktu panjang, cukup waktu untuk beribadah,” ujarnya lagi.

Lihat Juga :  Mawardi Yahya Siap Menangkan Prabowo-Gibran di Sumsel

Terkait makanan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kunjungannya ke Arab Saudi pada 9 Mei lalu saat mengecek kesiapan layanan hotel dan dapur katering di Madinah mengatakan, makanan yang disajikan bercita rasa nusantara dengan menu seperti Nasi Kuning, Ayam Goreng Saus Mentega, Telur Orak Arik, Nasi Uduk, Telur Dadar, Opor Ayam, Daging Sapi Masak Habang, Ikan Tuna Cabai Hijau, Ayam Gulai, Ikan Patin Bumbu Balado, Rendang Daging, Semur Daging, Ikan Patin Goreng, Gepuk Daging Sapi, dan tidak lupa tahu dan tempe.

Menu-menu ini dipadu dengan tumisan sayuran serta ditambah buah-buahan dan air mineral. Dapur katering juga akan menyajikan 20 persen makanan ramah lansia. Makanan disajikan dengan menu yang sama, hanya nasi dan lauknya dimasak agar lebih halus dan lembut. Salah satu pilihannya dalam bentuk Nasi Tim.

Lihat Juga :  Diduga Kabur, Polda Sumsel Cekal Karyawan Abu Tour ke Luar Negeri, Nasib Jemaah Calon Umroh Makin tak Pasti

Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil, juga menyampaikan bahwa di asrama haji pun panitia menyiapkan makanan khusus lansia yang dapat dipesan. Menurut Armet, jemaah haji dapat memesan menu makanan sendiri yang nanti akan disiapkan oleh petugas katering dengan catatan menginformasikan kepada panitia melalui ketua kloter paling lambat sehari sebelum masuk asrama haji.

Sementara itu, hadir saat pelepasan Jemaah haji kloter 1 Embarkasi Palembang antara lain. Ketua DPRD Prov. Sumsel R.A. Anita Noeringhati, Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel Sunarto, Kabag TU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil, Kepala Kankemenag Muba Muhammad Makki, Direktur PT Swarna Dwipa selaku Pengelola Asrama Haji Embarkasi Palembang Rebo Iskandar Pohan, dan sejumlah Kepala OPD. (Tri jumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button