HAJI & UMROH

Saat di Asrama Haji, CJH Lansia Bisa Pesan Makanan Sesuai Selera

ASSAJIDIN.COM – Masih mengusung tagline Haji Ramah Lansia, Embarkasi Palembang memberikan kesempatan kepada jemaah untuk memesan jenis makanan sesuai kebutuhan kesehatan saat berada di asrama haji.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil mengatakan, jemaah haji bisa memesan makanan sesuai kebutuhan Kesehatan.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini jemaah haji disiapkan makan sesuai dengan kondisi kesehatan,” kata Armet Dachil, pada saat Bimbingan Teknis Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang di Aula Asrama Haji Sumsel, Kamis (9/5/2024).

 

 

Menurutnya, dengan catatan jemaah harus menginformasikan dengan petugas kloter minimal sehari sebelum masuk asrama haji.

Lihat Juga :  SELAMAT DATANG di TANAH AIR, Duyufurraman, Jamaah Haji Indonesia, Semoga Menjadi Haji Mabrur

Pihak katering siap melayani kebutuhan tersebut.

“Tekad untuk meningkatkan kualitas layanan jemaah haji sudah menjadi komitmen PPIH Embarkasi Palembang. Mulai dari pihak asrama haji, penerbangan, kesehatan, imigrasi, dan semua pihak lain yang terlibat,” katanya

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang (KKP) Emmilya Rosa mengatakan, tahun ini kurang lebih 85 persen jemaah haji Indonesia termasuk kategori resiko tinggi (risti).

“Untuk itulah pemerintah merubah pola istithaah kesehatan dilakukan sebelum jemaah melakukan pelunasan haji.
Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan jemaah kita agar dalam kondisi sehat selama menjalankan ibadah haji,” kata Emmilya.

Lihat Juga :  Pelunasan Biaya Haji Tahap I Mulai Dibuka, Begini Skema Pembayarannya

Ia juga menjelaskan bahwa tahun ini istithaah kesehatan telah dilakukan di kabupaten/kota masing-masing dan tim kesehatan embarkasi akan lebih fokus pada uji kelayakan terbang.

“Apabila ditemukan jemaah yang tidak layak terbang maka akan langsung dilaporkan kepada ketua kloter dan ditembuskan kepada pihak imigrasi dan penerbangan,” katanya.

Bimtek PPIH Embarkasi Palembang sendiri diikuti panitia dari berbagai lintas sektor yang meliputi panitia Kemenag, Kesehatan, Imigrasi, Bea Cukai, Saudi Airlines, Bandara SMB II Palembang, TNI dan Polri. (*/TRIBUNSUMSEL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button