KELUARGA

Khasiat Bunga Telang yang Belum Banyak Orang Tahu

Jaga Imun Tubuh hingga Anti Depresi

ASSAJIDIN.COM — Tahukah Anda ternyata banyak khasiat untuk kesehatan yang terkandung pada bunga yang bernama latin Clitoria ternatea ini. Nama Indonesianya bunga Telang.

Menurut penelitian Kelopak bunga telang memiliki warna biru gelap, sementara bagian dasarnya berwarna putih atau kuning.

Warna biru pada bunga telang berasal dari kandungan antioksidan berupa antosianin. Seperti jenis antioksidan lainnya, antosianin dapat menangkal radikal bebas sehingga sel-sel tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari kerusakan dini.

Selain itu, bunga telang juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan otak. Pada studi dalam jurnal Pharmacology Biochemistry and Behavior, senyawa dalam bunga telang berpotensi meningkatkan fungsi otak serta meredakan aktivitas otak yang memicu stres.


Khasiat inilah yang menjadi obrolan Heni Martini dengan salah satu karibnya tahun 2019 lalu. Dan terkejut mana kala tanaman yang tengah mereka gosipkan itu ada di pekarangan rumahnya.

Lihat Juga :  DZIKIR MEMPERKUAT IMUNITAS

Heni kemudian sempat ke Yogyakarta, “berguru” dengan Martani Organic yang lebih dulu membuka usaha teh bunga Telang, untuk lebih memantapkan diri.
Heni kemudian rutin merawat tanaman bunga Telang, menggunakan pupuk organik, sehingga makin subur tumbuh di pekarangannya.

Situasi wabah Covid-19 membuat lulusan S-1 MIPA Kimia Unsri ini semakin yakin menjalankan usaha mengemas teh bunga Telang, lalu dijualnya dengan merek Teh Bunga Telang Membumi.

“Sekarang sudah cukup banyak konsumen teh bunga Telang ini, bahkan sudah sampai dikirim ke Ternate,” ujar Heni yang sangat senang, produk tehnya sudah dipromosikan Pak Gubernur Sumsel H Herman Deru beberapa waktu lalu yang memang mensuport UMKM.

Menurut Heni, memproduksi teh bunga Telang sangat mudah. “Tanaman ini berbunga setiap hari, jadi panen bisa setiap hari,” katanya saat dibincangi Tribun via whatsapp, Selasa (7/7).

Bunga Telang itu lalu dikeringkan dengan cara dijemur. Butuh dua sampai tiga hari, bila sudah kering lalu dimasukkan wadah ditutup rapat, dikemas dan siap dijual.

Lihat Juga :  Jangan Abaikan Doa ini saat Bayi Baru Lahir

Teh bunga Telang yang memiliki rasa tawar menyerupai teh hijau tanpa gula ini menurut Heni banyak manfaatnya.

“Dari warnanya, bisa menjadi pewarna pangan alami, antioksidan tinggi, menjaga imunitas tubuh bila rutin diminum dengan madu, lemon atau campuran herbal lainnya. Bunga telang juga bagus untuk mengobati katarak dan melancarkan haid,” ujar Heni.

Heni yang bermukim di Jalan Peternakan Kecamatan Kalidoni Palembang menjual produk teh bunga Telang Seduh seharga Rp 9 ribu untuk kemasan 9 gram dan Rp 15 ribu untuk kemasan 10 gram. Juga menyediakan teh bunga telang madu, siap minum seharga Rp 10 ribu. Lebih banyak tentang produk ini, bisa menghubungi 081367447021 atau bisa lihat di instagram #membumi-idn.(*/sumber: tribunsumsel.com)

Back to top button