CAHAYA RAMADAN

Amalan di Bulan Ramadan agar Kembali Suci Seperti Bayi, Segala Dosa Diampuni

ASSAJIDIN.COM — Inilah amalan saat Ramadhan agar diampuni dari segala dosa sehingga kembali suci seperti bayi.

Ada kesempatan emas yang sayang untuk dilewatkan di bulan Ramadhan agar mendapat ampunan dari segala dosa. Bahkan bisa kembali suci layaknya bayi yang tak memiliki dosa satu pun. Lantas apa yang perlu diamalkan agar dosa dia ehmpuni saat Ramadhan.

Seperti dilansir tvOnenews.com dari kanal YouTube Ustaz Adi Hidayat, berikut penjelasan tentang amalan Ramadhan agar dosa diampuni. Ustaz Adi Hidayat menerangkan tentang hikmah di balik bulan Ramadhan. “Kenapa hikmahnya Allah menyebutkan kata Ramadhan di ayat ini, salah satunya Allah ingin berikan pesan bulan ini bukan bulan biasa,” ujar Ustaz Adi Hidayat. “Tapi bulan saat semua dosa akan digugurkan oleh Allah SWT seperti teriknya panas matahari membakar dan menghanguskan semua hal yang terkena dengan sinarnya,” lanjutnya.

Sebagaimana api yang membakar kertas hingga tak bersisa, begitulah dosa akan diampuni di bulan Ramadhan. “Ada api kemudian kita lemparkan kertas atau suatu benda ke atasnya, memanas, hancur, melebur, habis, itu dalam bahasa Arab disebut dengan Ramadhan,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Lihat Juga :  Aturan Hubungan Suami-Istri di Bulan Ramadan dan Hukum Puasa Sebelum Mandi Wajib

“Kalau dahsyatnya cahaya apinya baru dilemparkan sudah habis seketika maka itu disebut dengan Ramadhan namanya,” lanjutnya.

Maka dari itu Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa tak seperti bulan lainnya. “Seakan-akan Allah ingin sampaikan ini bulan bukan bulan biasa, ketika anda hadir di dalamnya ada peluang semua dosa bisa dibakar dihanguskan tanpa sisa sedikit pun,” ungkap Ustaz Adi Hidayat.

“Hanya Ramadhan yang setiap harinya, siang dan malamnya menawarkan ampunan dari semua dosa,” lanjutnya.

Lantas amalan apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ampunan dosa di bulan Ramadhan? Menurut Ustaz Adi Hidayat, pada siang hari di bulan Ramadhan diisi dengan puasa sembari memperbanyak koreksi diri dari dosa. “Begitu anda puasa di siang harinya, dimulai dari sejak fajar sampai maghrib, lakukan karena Allah itu kuncinya, banyak koreksi diri dosa,” ujar Ustaz Adi Hidayat. “Ketika anda istighfar, maka turun ampunan Allah, dibakar semua dosa,” lanjutnya. Kemudian masuk waktu maghrib dan malam harinya dihidupkan dengan shalat tarawih sembari memohon ampun di setiap jeda shalatnya. “Sampai masuk ke maghrib, malam harinya dia bangun tunaikan shalat, di sela-sela rakaatnya dia mohon ampun kepada Allah, lakukan karena Allah, dia koreksi dirinya ikhlas karena Allah,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Lihat Juga :  Indahnya Berpuasa di UEA (3) : Tradisi Beli Baju Baru Untuk Idul Fitri Sebelum Puasa

“Maka itulah sebabnya kalau anda mendengar kata-kata Ramadhan, yang penting diingat sandingkan dengan ingatan itu ada ampunan dosa mengalir di dalamnya,” sambungnya.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, ini adalah pilihan, jika ingin mendapatkan ampunan dosa di bulan Ramadhan maka lakukanlah apa yang disampaikan tadi. “Dan itu pilihan jika anda mau membersihkan diri di hadapan Allah SWT, tapi kalau andanya enggak minta ampun tetap kotor juga,” ujar Ustaz Adi Hidayat. Wallahua’lam. (*/Sumber: tvone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button