NASIONAL

Lazismu se-Sumatera Selatan adakan Rakerwil, Bersinergi Perkuat Inovasi Sosial Menuju SDGs

ASSAJIDIN COM – Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) se-Sumatera Selatan berkumpul dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) bertajuk “Penguatan Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDGs” pada 16-17 Maret 2024.

Bertempat di Aula Kampus Ikest Muhammadiyah Palembang, acara ini dihadiri 40 orang utusan dari 13 kantor layanan Lazismu kota kabupaten dan amal usaha Muhammadiyah. Diantaranya Lazismu Palembang, Lahat, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Rawas, Muratara, Pagar Alam, Lubuk Linggau, serta dari kantor layanan Lazismu Amal Usaha ada dari RSMP, Kampus Ikest dan Kampung Kauman Baturaja OKU.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Lazismu Pusat Bidang Audit dan Kepatuhan, Erni Juliana Al Hasan Nasution. Dalam sambutannya, Erni menekankan pentingnya inovasi dalam pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Serta hal penting lainnya adalah kepatuhan dan ketertiban pelaporan agar bisa di audit dan bisa dipertanggung jawabkan, hal ini supaya menambah trust donatur kepada Lazismu.

“Lazismu harus menjadi motor penggerak dalam mewujudkan SDGs, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan,serta menjadi Lembaga yang Kredibel, Berintergritas dan Amanah,” ujar Erni.

Lihat Juga :  Se-Indonesia Dibikin Terkejut, Keluarga Almarhum Akidi Tio Hibahkan Dana Rp 2 Triliun untuk Bantu Terdampak Covid- 19 di Sumsel

Ketua Lazismu Sumatera Selatan, Haris Jumadi, dalam laporannya menyampaikan bahwa Lazismu Sumsel telah banyak melakukan program-program inovatif dalam penyaluran ZIS, seperti program pemberdayaan ekonomi, bantuan pendidikan, dan layanan kesehatan.
“Momentum Rakerwil ini merupakan ajang bukan hanya untuk silahturahim dan mengevaluasi kinerja serta merumuskan program kerja saja tetapi juga menjadikan kita untuk bisa bertukar pikiran, ide dan gagasan serta bisa memupuk semangat kekompakan Lazismu se Sumatera Selatan agar kedepan bisa menjadi lebih baik lagi ,” ungkap Haris.

Sementara itu, Ketua PWM Sumatera Selatan yang diwakili oleh Dr.Ir.Muhtaruddin.,MP., mengapresiasi kinerja Lazismu Sumsel yang telah menunjukkan kontribusi nyata dalam membantu masyarakat.
“Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Muhtaruddin.
Rakerwil Lazismu Sumsel ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari internal hadir Pimpinan Lazismu Pusat, perwakilan PWM Sumsel, Wakil Rektor Ikest Muhammadiyah Palembang, para Pimpinan PDM, para Dewan Syariah, dari eksternal hadir Kemenag Sumsel, Baznas Sumsel, dan FOZ Sumsel serta tamu undangan lainnya. Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai narasumber yang kompeten di bidang ZIS dan SDGs.
Pada Rakerwil 2024 ini ada beberapa pembahasan yang jadi bahan raker diantaranya Kelembagaan dan Sosialisasi SOP Lazismu, Audit dan Kepatuhan serta persiapan audit LK 2023 di tahun 2024 ini, Arahan dari PWM Sumsel yang membidangi Lazismu, Arahan dari dewan syariah, materi Penguatan Inovasi berbasis pemberdayaan kawasan untuk pencapian SDGs, serta Penyampaian laporan dan Pemaparan Target (IKU dan IKAL) tahun 2024 Lazismu se-Sumsel, Pemberian penghargaan kepada Lazismu Kota Kabupaten untuk kategori penghimpunan terbaik, Serta Penentuan Tuan Rumah Rakerwil Lazismu 2025.

Lihat Juga :  Fatality Rate Covid-19 Provinsi Sumsel Tinggi

Diharapkan melalui Rakerwil ini, Lazismu se-Sumatera Selatan dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan program-program inovatif untuk mencapai SDGs. Hasil Kesepakatan para peserta untuk rakerwil Lazismu 2025 sebagai tuan rumah adalah Lazismu Kabupaten Musi Rawas. (Andi Wijaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button