CAHAYA RAMADANDUNIA ISLAMINTERNASIONALMOZAIK ISLAM

Pesona Wisata Yordania (1) : Wadi Rum, Gurun Indah Jadi Lokasi Syuting Film Terkenal di Dunia

ASSAJIDIN.COM — Mengutip Wikipedia, Wadi Rum (Arab: وادي رم Wādī Ramm, berarti “lembah pasir” atau “lembah Romawi”, juga dikenal dengan sebutan Lembah Bulan (Arab: وادي القمر Wādī al-Qamar), adalah sebuah lembah yang terletak di Yordania selatan, sekitar 60 km di sebelah timur kota Aqaba.

Foto : Helena Bradbury

Wadi Rum merupakan wadi terbesar di Yordania. Sebuah gurun menakjubkan dengan pasir merah, tebing raksasa, dan formasi batuan unik yang menjulang tinggi.

Wadi Rum menawarkan berbagai aktivitas, seperti naik unta, hiking, panjat tebing, dan menjelajahi gurun dengan mobil jeep.

Selain sebagai destinasi wisata alam yang menarik, Wadi Rum kerap menjadi lokasi syuting untuk beberapa film terkenal seperti Lawrence of Arabia, The Martian, Aladin, dan The Rise of Skywalker.

Lihat Juga :  Maulid Nabi, Momen Berharga Bersama dan Meneladani Rasulullah SAW
Foto : Tripadvisor

Menyimpan Peradaban 

Lembah yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 2011 ini juga menyimpan sisa-sisa banyak peradaban.

Suku Badui merupakan penghuni Wadi Rum. Mereka yang ingin menyaksikan kehidupan Badui dan gemerlap indahnya bintang-bintang dapat bermalam di tenda-tenda yang didirikan di lembah.

 

Foto : Tripadvisor

Nayif Ali, salah satu anak muda di wilayah tersebut mengatakan bahwa unta, yang merupakan alat perjalanan bagi wisatawan, menawarkan mereka kesempatan untuk merasakan kehidupan Badui di gurun pasir.

Ia menyatakan wisatawan lebih memilih berwisata di gurun pasir dengan menggunakan unta yang dinilai lebih nyaman dan nyaman dibandingkan kendaraan.

Uniknya, kata Ali , betapapun curam dan kasarnya tanah, unta dapat melewati tempat-tempat tersebut.

Jarak yang ditempuh unta di padang pasir bervariasi antara 5 hingga 30 kilometer tergantung permintaan wisatawan.

Lihat Juga :  Bekerjalah untuk Dunia dan Akhiratmu

“Wisatawan senang bepergian dengan unta karena sebuah pengalaman yang tidak bisa mereka jalani di negaranya sendiri, dan mereka sangat senang ketika bisa menjalaninya,” kata Ali.

Foto 4 : our escape clsuse

Mirip Mars

Wadi Rum di Gurun Yordania dianggap sebagai salah satu lokasi paling mirip Mars di Bumi. Namun, suasananya jelas sangat berbeda.

Wadi Rum sebenarnya didominasi warna kemerahan sehingga mirip dengan Mars.

Warna kemerahan ini merupakan formasi dari batuan dan pasir, sehingga Wadi Rum cocok untuk turis atau pembuat film yang ingin membayangkan berada di planet Mars.

Mengunjungi Wadi Rum di Yordania sangat mudah dan banyak travel menawarkan tur ke alam terbuka dan naik unta. (Dari berbagai sumber)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button