NASIONAL

Rumah Cahaya Indonesia Berdayakan Pemuda Palembang dengan Berbagai Keahlian

MIlad ke-3 Menerangi Generasi Muda

AsSAJIDIN.COM  – Tepat pada hari ini, 3 Maret 2024 Rumah Cahaya Indonesia (RCI) YBM PLN UID S2JB merayakan milad ke-3. Sejak didirikan pada tahun 2021, RCI telah berkomitmen untuk memberdayakan pemuda Indonesia dengan berbagai program edukasi dan pelatihan.

Bertempat di Lantai 6 Auditorium Sriwijaya PLN UID S2JB Palembang, acara milad ke-3 RCI mengangkat tema “Kiprah Jejak Kebermanfaatan Rumah Cahaya Indonesia Memberdayakan Pemuda Indonesia”. Acara ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, seperti perwakilan dari PLN UID S2JB, YBM PLN , Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Pegiat Komunitas, Rumah BUMN Sumsel,Sriwijaya Muda Berdaya , dan mitra RCI lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua YBM PLN UID S2JB, Kgs M.Fauzi, menyampaikan apresiasinya atas kiprah RCI dalam memberdayakan pemuda Indonesia. “Selama 3 tahun ini, RCI telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam membantu pemuda Indonesia untuk meraih mimpi mereka,”serta harapan kami sebagai pengurus YBM kedepan agar para peserta program ini bisa mendapatkan sertifikasi khusus dari dinas terkait agar kelak sebagai jalan mempermudah dalam bekerja”, Ujar Fauzi.

Hal Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel Ir. H. Amiruddin ketika diwawancarai, mengatakan program RCI adalah langkah konkrit dari YBM dalam mengurangi angka penganguran dengan menghasilkan tenaga kerja produktif dan siap pakai, kedepan kami berharap bisa terjalin kolaborasi antar YBM PLN dgn Dinas Koperasi dan UMKM dalam hal menyalurkan alumni alumni RCI ke UMKM yang jadi binaan kami”,tegasnya.

Lihat Juga :  Profil Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Dr Harryo Sugihhartono, S.I.K., M.H

Sejak didirikan, RCI telah memfokuskan programnya pada tiga kelas utama Kelas Menjahit: Memberikan pelatihan menjahit dan desain busana bagi pemuda-pemudi agar dapat membuka usaha mandiri di bidang konveksi. Kelas Fotografi: Melatih pemuda-pemudi dalam teknik fotografi dan editing foto untuk menghasilkan karya-karya kreatif dan bernilai jual. Kelas Desain: Memberikan pelatihan desain grafis dan multimedia untuk meningkatkan skill pemuda dalam dunia digital.

Pada tahun 2024, RCI membuka kelas baru yaitu Kelas Digital Marketing untuk membekali pemuda dengan pengetahuan dan skill dalam memasarkan produk dan jasa secara online.
“Di usianya yang ke-3 ini, RCI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas programnya dan menjangkau lebih banyak pemuda di Palembang,” ungkap Rendy Arista, Ketua RCI YBM PLN UID S2JB. “Kami berharap RCI dapat menjadi wadah bagi pemuda Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.” Seluruh Pelatihan ini diberikan secara gratis untuk pemuda di Palembang umumnya di Sumsel yang memenuhi syarat, khususnya dari 8 asnaf zakat, dikarenakan Program RCI ini full dari YBM PLN.
Salah satu penerima manfaat dari kelas Fotografi Ari Septiadi yang sudah merupakan dari keluarga dhuafa. Saat ini sudah menjadi alumni dan bekerja menjadi instruktur di kelas Fotografi. Ari menjadi tulang punggung keluarga menafkahi ibu dan 2 orang adiknya yang masih sekolah.

Lihat Juga :  Provinsi Sumsel Dapat Kuota Haji 2023 Sebanyak 7.012 Jemaah

“Alhamdulillah setelah saya mengikuti kelas Fotografi dari RCI ini saya sudah bisa memiliki penghasilan sendiri serta bisa membantu perekonomian keluarga, menafkahi ibu dan membiayai sekolah 2 orang adik saya, terima kasih buat RCI dan para muzaki, semoga Allah melipat gandakan kebaikan semua”,ujarnya sambil meneteskan air mata ketika diwawancarai.

Tentang Rumah Cahaya Indonesia (RCI)
RCI adalah program edukasi dan pelatihan yang didirikan oleh YBM PLN UID S2JB pada tahun 2021 serta semua pembiayaannya dari zakat para karyawan PLN. RCI bertujuan untuk memberdayakan pemuda Indonesia dengan berbagai keahlian agar dapat menjadi insan yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat.(andiwijaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button