DUNIA ISLAMINTERNASIONAL

Destinasi Wisata UEA (2) : Ski Dubai, Dijamin Nyaman dan Bikin Ketagihan 

ASSAJIDIN.COM — Ski Dubai dirancang sebagai kota dingin. Dindingnya memiliki berbagai tingkat isolasi dan atap setinggi lima meter dari pagu penyedia isolasi.

Hal ini membuat Ski Dubai menjadi salah satu “lemari es” terbaik di dunia yang pendinginnya mencapai sekitar satu derajat celcius selama jam operasionalnya.

Foto : IST

Tak kurang dari 3.500 barel minyak dikonsumsi setiap hari oleh generator listrik untuk menstabilkan temperature antara -1° sampai -4° Celcius.

Ada juga sebuah kilometer tabung glikol yang berjalan melalui lantai (mirip bagian belakang kulkas) dasar salju padat. Sebanyak 30 ton salju segar dibuat setiap hari untuk menutupi lantai dasar.

Ruangan seperti ini serupa dengan tempat pertama di Moskow, Rusia, dengan fasilitas terbesar di Eropa yang menyambut 400.000/orang setiap tahunnya.

Salju tersebut dibuat dengan menggunakan prosedur sederhana, mirip salju artifisial pada umumnya. Air minun tanpa bahan kimia diletakkan di chliller atau pendingin.

Setelah sekian lama, air ditiupkan ke langit-langit melalui pipa sehingga mengkristal dan menghasilkan lingkungan dingin.

Foto : IST

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan sambil bermain dengan anak-anak, Ski Dubai dapat menjadi wisata yang cocok.

Tempat ini menjadi salah satu tempat ski terbesar di dunia dengan luas sekitar 22.500 meter persegi.

Wisata ini menjadi bagian dari Mall of Emirates (pusat perbelanjaan) yang dibuka sejak November 2005 silam.

Ski Dubai pada tahun 2016 dan 2017 menjadi tempat ski indoor terbaik di dunia.

 

Atraksi Wisata

Ski Dubai terdiri dari dua bagian, yakni Snow Park dan The Slope. Snow Park terdiri dari beberapa titik, antara lain Snow Bullet Cafe di mana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati makanan atau minuman hangat, dan melihat pemandangan Ski Dubai dari atas balkon.

Lihat Juga :  Doa-doa agar Diberi Kesehatan dan Nikmat Sehat

Ada juga Ski School Training Area. Di sini pengunjung dapat belajar ski atau snowboarding mulai dari tingkat dasar.

Foto : IST

Kemudian ada Tubing Run, di mana pengunjung bisa bermain seluncur dengan berputar-putar menggunakan roda.

Ada juga permainan seru Giant Ball, di mana pengunjung dapat menikmati sensasi berada dalam bola besar yang menggelinding dengan jarak sekitar 15 meter. Tubuh Anda seperti diputar-putar dalam bola transparan berdimensi tiga meter itu.

Bagi pengunjung yang lebih suka tantangan, di zona Snow Park ini Anda perlu mencoba Tobaggan Run. Di sini Anda akan merasakan bagaimana meluncur dari ketinggian sekitar delapan meter menggunakan papan dengan posisi terbaring dan telentang, serta melintasi lorong berkelok. Dijamin seru dan ketagihan.

Tak hanya itu, di zona Snow Park pengunjung juga bisa bermain di wahana Wall Climbing, memanjat tebing yang dipenuhi salju. Pengunjung yang suka dengan penguin, di zona ini juga bisa bermain atau sekadar berfoto bareng satwa lucu itu.

Foto : IST

The Slope

Zona kedua adalah The Slope. Di sini juga ada beberapa titik, namun area ini lebih menantang, yang khusus diperuntukkan bagi pemain ski atau snowboarding yang sudah mahir.

Antara lain Blue Run, Red Run, Black Run, Free Style Park, Avalanche Cafe, dan Snow Bullet.

Blue Run merupakan wahana khusus bagi pengunjung yang bermain ski dan tergolong amatir. Sedangkan, Red Run mungkin hampir sama seperti Toboggan Run, tapi ini lebih extreme

Lihat Juga :  SYUKUR DAN SABAR DALAM KEADAAN APAPUN

Di Red Run, pengunjung akan merasakan sensasi menegangkan meluncur menggunakan papan dari ketinggian sekitar 15 meter, dengan jarak sekitar 50 meter. Dan jangan kaget jika tiba-tiba wajah Anda akan beku setelah bermain wahana ini.

Bagi pengunjung yang sudah merasa mahir bermain ski atau snowboard, Black Run dan Free Style Park menjadi pilihan yang tepat. Di sini pengunjung dapat bermain ski atau snowboard dari ketinggian sekitar 30 meter.

Dengan kemiringan lereng sekitar 60 derajat, pengunjung akan merasakan seperti bermain ski atau snowboard di atas lereng gunung es, dengan treck sepanjang 400 meter.

Bagi pengunjung yang belum bisa bermain ski jangan khawatir, karena di zona The Slope, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Ski Dubai di atas kursi gantung atau chairlift, dengan ketinggian sekitar lima meter.

Chairlift akan berputar mengelilingi zona The Slope yang dimulai dari zona Snow Park, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan dari puncak lereng.

Foto : IST

Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Ski Dubai di atas kursi gantung atau chairlift, dengan ketinggian sekitar lima meter.

Di zona The Slope, pengunjung juga bisa beristirahat sambil menikmati makanan atau minuman di Avalance Cafe. Di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Ski Dubai dari ketinggian sekiat 30 meter. (Dari berbagai sumber)

 

Alamat : Sheikh Zayed Rd – Al Barsha 1 – Dubai – Uni Emirat Arab

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button