NASIONAL

Satgas Pangan Polda Sumsel Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadhan Aman

ASSAJIDIN.COM — Direktur Reskrimsus Polda Sumsel yang juga Ketua Tim Satgas Pangan Polda Sumsel, Kombes Pol Bagus Suropratomo menjamin ketersedian pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman ditengah melonjaknya harga kebutuhan pokok di wilayah Sumatera Selatan.

Direktur Reskrimsus Polda Sumsel menjelaskan terkait komoditi yang mengalami sedikit kenaikan harga yakni Bawang Putih dan Cabe, Kombes Bagus menyebut pihaknya bersama Satgas Pangan Bareskrim Polri sudah melakukan pengecekan ke lapangan dan melaksanakan mitigasi.

“Kami juga hampir setiap Minggu selalu berkoordinasi bersama TPID Sumsel untuk mengontrol dan memantau laju inflasi di Sumsel yang sejauh ini masih dapat dikendalikan,” ucap mantan Dirresnarkoba Polda Riau tersebut.

Lihat Juga :  Tiga Hal yang Dianggap Salah oleh Banser NU sehingga Bubarkan Majelis Pengajian Ustad Hanan Attaki, Berikut Klarifikasi Ustad Milenial ini

Untuk mengantisipasi terjadinya praktik penimbunan bahan pangan,Satgas Pangan terus melakukan upaya monitoring sebagai deteksi untuk nilai kenaikan harga dengan ketersediaan stok yang ada.

“Yang terpenting untuk stok baha pangan selama ramadhan dan menjelang Idul Fitri semua stok aman” pungkasnya.

Diketahui berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat inflasi di Sumsel di bulan Januari sebesar 3,35 persen. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan laju inflasi pada bulan Desember 2023 sebesar 3,17 persen.

“Laju inflasi di Sumsel di Januari lebih tinggi dibandingkan laju inflasi nasional sebesar 2,57 persen. Penyumbang inflasi tertinggi mulai dari makanan, minuman dan tembakau,” sebut Direktur Reskrimsus Polda Sumsel yang juga Ketua Tim Satgas Pangan Polda Sumsel, Kombes Pol Bagus Suropratomo,SIK kepada awak media, Kamis,.29 Februari 2024.

Lihat Juga :  Makin Pedas, Harga Cabai Burung Melonjak Sampai 60 Ribu per Kilogram di Pasar Jakabaring

Di kesempatan itu, Bagus yang didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kasubdit I Tipid Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Hadi Saefudin,SE,MH menyebutkan sejumlah komoditi yang menyumbang angka inflasi terbesar di Sumsel meliputi, Beras, Tomat, Cabe, Daging Ayam Ras, dan Bawang Putih.

Tingkat inflasi Sumsel bukan Januari sebesar 3,35 persen ini merupakan Year On Year (YoY) gabungan dua kota yakni Palembang dan Lubuklinggau.

Untuk ketersediaan stok beras saat ini sebanyak 59.945,12 ton dalam artian masih relatif aman. (YOLA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button