KESEHATAN

Guru PAUD Diharapkan Ikut Berperan Dalam Pencegahan Stunting

ASSAJIDIN.COM –Rapat Koordinasi Wilayah dan Orientasi Organisasi Kepemimpinan Himpaudi di Provinsi Sumsel dengan tema Himpaudi Profesional dan Mandiri Untuk Mewujudkan Kesetaraan, Mencegah Stunting dan Sekolah Pendidikan Serta Pendidikan yang Menyenangkan dilaksanakan di Hotel Azza 28 Februari 2024.

Mewakili PJ Gubernur Sumsel, PLH Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Sutoko, M.Si mengatakan, pendidikan memegang peran penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas untuk pembangunan bangsa. Masih adanya keterbatasan akses pendidikan dan keberlanjutan sekolah menjadi salah satu faktor rendahnya indeks pembangunan manusia Indonesia dan berdampak rendahnya daya saing bangsa.

 

“Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) sebagai organisasi independen yang menghimpun unsur pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia. Hadirnya HIMPAUDI di wilayah Sumatera Selatan dapat menampung, memperjuangkan, mewujudkan aspirasi, dan memfasilitasi pengembangan profesi para pendidik dan tenaga kependidikan,” ujarnya.

Lihat Juga :  Hari Pahlawan, ini Pesan Veteran Penyapu Ranjau untuk Generasi Muda

Lebih lanjut Sutoko menuturkan, hadirnya guru yang berkompeten dan profesional memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dapat bertransformasi serta beradaptasi dengan era revolusi industri 4,0 dan Society 5.0 dalam menghadapi tantangan zaman.

“Harapannya dengan rapat koordinasi organisasi wilayah dan orientasi organisasi kepemimpinan HIMPAUDI provinsi Sumatera Selatan 2024 dapat menjadikan organisasi profesi guru semakin mandiri, profesional, inklusif, dengan berwawasan global,” katanya.

 

Sutoko menerangkan, terciptakan generasi emas 2045 yang berkualitas, kompeten dan berdaya saing tinggi, dapat terwujud dengan adanya sumber daya manusia tangguh dan berdaya saing global serta Indonesia yang ramah lingkungan.

“HIMPAUDI berperan besar menciptakan kesempatan untuk pendidik dan tenaga kependidikan sebagai sumber daya manusia yang menciptakan generasi emas dan membantu Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mewujudkan Sumatera Selatan Sejahtera, Unggul dan Terdepan,” bebernya.

Lihat Juga :  Perilaku Begadang Sampai Pagi hingga Insomnia Banyak Risikonya, Berikut Cara Mengatasinya

Sementara itu, Ketua Himpaudi Provinsi Sumatera Selatan Dra Hj Handasiah MM dengan adanya Rapat Koordinasi Wilayah dan Orientasi Organisasi Kepemimpinan Himpaudi di Provinsi Sumsel diharapkan yang pertama adanya kesetaraan guru PAUD. Kedua guru PAUD bisa melaksanakan kurikulum merdeka belajar. Ketiga guru PAUD juga bisa melaksanakan PAUD yang menyenangkan untuk lanjut ke SD. Keempat guru PAUD itu harus bisa melaksanakan pencegahan stunting melalui parenting karena di lembaga PAUD itu adalah modal utama untuk pendidikan pencegahan stunting, karena dikumpulkan orang tuanya. “Kelima guru PAUD juga akan melaksanakan bagaimana cara melaksanakan pendidikan yang menyenangkan,” tandasnya.(Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button