KELUARGA

Jadikan Momen Ramadhan Tahun Ini Semakin Mempererat Kekeluargaan

ASSAJIDIN.COM –Bulan Ramadhan amat sangat di tunggu kehadirannya di setiap tahunnya oleh umat muslim seluruh dunia. Pada momen mulia ini, selain dapat mempererat diri semakin dengan dengan Allah Subhana wata’allah, Ramadhan juga menjadi waktu yang sangat tepat untuk semakin mempererat hubungan kekeluargaan dimulai saat berbuka maupun sahur.

Salah satu hadist yang menggaris bawahi pentingnya menjaga hubungan keluarga adalah hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya, dipanjangkan umurnya dan diperbaiki amalnya, maka hendaklah ia menjaga silaturahimnya (hubungan kekerabatan).
Bulan Ramadhan salah satu momen untuk diri rehat sejenak, fokus beribadah, juga memperkuat ikatan keluarga dengan menjalin interaksi dengan penuh kasih dan sayang, merefleksi dan memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik bagi setiap orang khususnya tentu bagi keluarga.
Selama diri sedang berpuasa, kita dianjurkan untuk melakukan ibadah lebih kuat lagi. Nah, agar ibadah Ramadhan mu lebih bermakna, kamu dapat melakukan bersama keluarga.

Kamu dapat melakukan shalat berjamaah, tadarus dan belajar Al Quran bersama, mempersiapkan menu masakan hingga makan sahur dan berbuka bersama. Pada momen, alangkah baiknya jika orangtua bisa membangun komunikasi efektif dan interaski yang dapat menimbulkan rasa kasih sayang, saling mengajarkan dan mengingatkan tentang makna dan hakikat Ramadhan.

Mempersiapkan sahur bersama
Pada saat menjelang sahur, kamu dapat melibatkan anak-anak atau pasangan kamu. Mulai dari mengobrol tentang masakan apa yang hendak di santap, anak-anak atau pasangan membantu bersama melakukan proses memasak, orang tua dapat bekerjasama dengan membangunkan anak untuk makan sahur bersama, pasangan atau anak memimpin doa sahur dan dilanjutkan makan bersama.
Kegiatan ini tidak hanya untuk semakin mengakrabkan diri bersama keluarga namun juga mengajarkan pelajaran agama islam terutama bagi anak dan komunikasi dalam keluarga semakin baik dan hangat.

Lihat Juga :  Polda Sumsel Berbagi Sembako Kepada Ormas Cipayung Plus Dan Badan Eksekutif Mahasiswa Sekota Palembang

Mempersiapkan buka puasa bersama
Berbuka puasa bersama dapat membuat Ramadhan kamu lebih berwarna. Yang biasanya makan sendiri-sendiri, dengan berbuka puasa kamu dapat makan bersama, dan hal ini sudah menjadi tradisi.
Sebelum waktunya berbuka, kamu dapat mempersiapkan hidangan bersama atau memburu takjil di toko makanan. Sehingga saat waktu berbuka tiba, kamu dapat melahap hidangan lezat bersama-sama. Tapi ingat yah, untuk tidak makan berlebihan dan makan seukupnya

Shalat berjamaah
dalam sehari terdapat lima waktu sholat wajib dan shalat Sunnah tarawih di bulan Ramadhan. Meskipun tidak semua waktu sholat dapat dilakukan berjamaah bersama keluarga dikarenakan aktivitas masing-masing di keluarga seperti pergi bekerja dan sekolah.
Namun, momen di waktu subuh setelah sahur dan waktu magrib setelah berbuka puasa dijadikan momen mempererat keluarga dengan shalat berjamaah, doa bersama hingga tadarus Al Quran di rumah.
Melakukan kegiatan positif bernilai kebaikan saat sedang berpuasa
Untuk membangun rasa kasih sayang dan kebersamaan antar keluarga. Kamu bisa memilih kegiatan dengan merapikan rumah dengan melibatkan anak-anak. Selain melatih menjaga kebersihan juga melatih kakuatan fisik agar tubuh bergerak.
Kamu juga dapat memberikan rezeki dengan ber sedekah selama berpuasa kepada orang-orang fakir miskin, kaum dhuafa, anak yatim piatu dan lansia tidak mampu dengan melibatkan anak-anak. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman dan pelajaran pada anak serta memberikan kekuatan iman, serta rasa peduli terhadap sesama.

Lihat Juga :  16 Pesan Indah Imam Syafi'i

Tetap Berkomunikasi meskipun terhalang jarak
Tidak semua anggota keluarga berkumpul lengkap saat Ramadhan. Bisa ada yang sedang di luar kota baik bekerja ataupun sekolah. Namun, jalinan komunikasi harus tetap berjalan meskipun terhalang untuk bertemu dan berkumpul. Terlebih sekarang kita sudah berada di zaman modern. Kamu dapat menelpon, mengirim pesan, video all melalui telepon setiap hari saat berbuka dan berpuasa.

Dalam surat Ar-Rad ayat 21: “Orang-orang yang beriman dan saling berkasih sayang di antara mereka, akan Kami jadikan bagi mereka kasih sayang (yang besar) di dunia dan di akhirat.”

Menjaga hubungan dengan keluarga merupakan nilai yang sangat penting terutama dalam Islam. Dalam bulan Ramadan, umat muslim diajarkan untuk mengutamakan hubungan keluarga sebagai salah satu cara untuk meraih keberkahan di sisi Allah SWT.
Tak hanya sekedar beribadah, namun momen Ramadhan ini memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran bagi kita dan juga anak. Baik itu mengajarkan tentang kepedulian, kasih sayang, pentingnya merawat ataupun menjaga hubungan kita dengan orang terkasih dan lingkungan kita, menjalin komunikasi baik jarak dekat maupun jauh.

Semoga dengan menjaga hubungan keluarga, umat muslim bisa meraih keberkahan di sisi Allah SWT dan keluarga bisa menjadi semakin harmonis serta bahagia. (*/
Tri Jumartini Ilyas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button