Uncategorized

FOZ Sumsel Gelar MusyWil III, Siap Berkolaborasi Hadapi Tantangan Gerakan Zakat

ASSAJIDIN.COM – Forum Zakat (FOZ) Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Zakat Talk dan Musyawarah Wilayah (Muswil) III dengan Tema “Tantangan Gerakan Zakat di Sumatera Selatan dan Peran FOZ Sumsel sebagai Wadah Kolaborasi Kebaikan”.

Acara ini berlangsung di Aula Disnaker Palembang pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Baznas Sumsel, Bapak Supriadi.S.Pd.I, Kemenag Sumsel diwakili oleh Ketua Tim Pemberdayaan Zakat Penais Zawa H. Iskandar SH. S.Ag. MH, dan perwakilan dari FOZ Nasional Tatang Ruhiyat Sekbid 1 FOZ Nasional. Acara ini dihadiri oleh para pengurus dan anggota FOZ Sumsel, serta para pemangku kepentingan terkait zakat di Sumsel.

Zakat Talk menghadirkan beberapa narasumber yang ekspert dibidangnya baik diantara Supriadi dari Baznas Sumsel, M.S Yulianto dari Dinas Sosial Provinsi dan Ria Agustiana Lc.M.A.,Ph.D akademisi UIN Palembang serta Tatang Ruhiyat dari FOZ Nasional, yang memaparkan tentang berbagai tantangan gerakan zakat di Sumsel. Diantaranya adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk berzakat, belum optimalnya pengelolaan zakat, dan masih adanya stigma negatif terhadap zakat.

Lihat Juga :  HD Lantik Prof Dr Duski Ibrahim Ketua Pengurus Forum Komunikasi Ulama Umaro Sumsel

Muswil III FOZ Sumsel bertujuan untuk mengevaluasi kinerja FOZ Sumsel periode sebelumnya, menyusun program kerja untuk periode selanjutnya, dan memilih pengurus FOZ Sumsel periode 2024-2027.

Dalam sambutannya, perwakilan Baznas Sumsel, Bapak Supriadi.S.Pd.I, mengatakan bahwa dari 24 Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Sumsel, baru 5 LAZ yang mengantongi izin operasional. Harapannya, FOZ Sumsel dapat menjadi wadah bagi keanggotaannya agar segera mengurus izin operasional.
Sementara itu, Kemenag Sumsel diwakilin Ketua Team Pembedayaan Zakat Penaiszawa H. Iskandar SH. S.Ag. MH, dalam sambutannya memberikan tantangan agar ketua dan pengurus FOZ Sumsel yang nanti terpilih agar memotivasi dan menargetkan selama kepengurusannya semua anggota FOZ agar bisa segera mendapatkan izin operasional.

Lihat Juga :  7 Kewajiban dan Perintah Terhadap Anak Yatim Menurut Alquran

Ketua FOZ Sumsel periode 2020-2023, Adin Sampurna, dalam sambutannya menyampaikan bahwa FOZ Sumsel telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan gerakan zakat di Sumsel. Diantaranya adalah dengan meningkatkan edukasi dan literasi zakat kepada masyarakat, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, dan meningkatkan profesionalisme pengelolaan zakat.

“FOZ Sumsel berkomitmen untuk terus meningkatkan gerakan zakat di Sumsel. Kami siap untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka mewujudkan pengelolaan zakat yang profesional, transparan, dan akuntabel,” ujar Adin Sampurna.(andiwijaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button