NASIONAL

10 Even Top Calendar of Charming Event Palembang, Ada Ampera Tourism Run Hingga Perahu Bidar

ASSAJIDIN.COM — Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pariwisata (Dispar) kota Palembang melaunching 124 Calendar of Charming Events Palembang Tahun 2024.

Launching Calender of Charming Events Palembang Tahun 2024 dilakukan oleh PJ Walikota Palembang Ratu Dewa, di di Kambang Iwal Family (KIF) Park dengan tema ‘Collaboration of Diversity’, Sabtu (24/02/2024).

PJ Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, dengan dilaunching 124 Calendar of Charming Palembang 2024 ini, diharapkan dapat memicu kebangkitan ekonomi dan pariwisata Kota Palembang.

“Diantaranya ada 10 event unggulan yang telah dipilih, diantaranya ada Festival Perahu Bidar Tradisional,” katanya.

Dengan ratusan ini diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan menjadi efek berganda atau multiplier effect bagi semua industri dan masyarakat di Kota Palembang.

“Selain itu diharapkan juga, para pengelola dan pelaksana event dapat
terus berlomba-lomba memperbaiki kualitas dan kuantitas event-event yang akan mereka laksanakan sehingga bisa menjadi event yang berskala nasional maupun internasional,” katanya.

Lihat Juga :  Tumbuhkan Rasa Cinta Kepada Allah dan Rasul Serta Berikan Tauladan Agar Anak Taat Beribadah

Ratu Dewa mengatakan, destinasi wisata kota Palembang yang akan direvitalisasi tahun ini, yaitu Kambang Iwak (KI).

“Saya sudah minta untuk taman kota yang termasuk dalam destinasi wisata ini bisa tertata dengan baik, dan juga memperindah wajah kota Palembang,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan, bahwa telah dipilih sebanyak 10 event yang berhasil masuk ke dalam TOP 10 Calender of Charming Event Palembang 2024.

“10 event itu yakni Perayaan Cap Go Meh Pulau Kemaro, Ziarah Kubro, Festival Sriwijaya, Pemilihan Bujang Gadis Palembang, Palembang Expo, Sepekan Seni Palembang, Sriwijaya Lantern Festival, Ampera Tourism Run, Palembang Half Marathon dan Festival Perahu Bidar Tradisional,” katanya.

Sulaiman Amin juga mengungkapkan, bahwa saat ini sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif kota Palembang telah mengalami pemulihan yang signifikan sejak Pandemi Covid-19 berakhir 2022 lalu.

Lihat Juga :  Tower Jembatan Ampera Bisa Diakses oleh Masyarakat yang Berkunjung ke Palembang

“Melalui datanya, angka kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pada tahun 2023 sebanyak 2.011.058 kunjungan untuk ke kota Palembang, dan itu naik lebih dari 35 persen dari tahun 2022 yang di angka 1.542.485 kunjungan wisatawan,” katanya.

Masih dikatakan Sulaiman, kenaikan angka kunjungan wisatawan itu tersebut juga berdampak terhadap perekonomian kota Palembang, khususnya kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata, yakni pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan serta serta pajak reklame pada tahun 2023.

“Dan itu sebesar lebih dari 30 persen atau senilai Rp. 344.018.249.523. Capaian itu tentunya tidak lepas dari kerja keras semua pihak terutama Pentahelix Pariwisata, yakni unsur Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintahan dan Media dalam membangun pariwisata kota Palembang,” katanya. (pitria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button