MOZAIK ISLAM

Selagi Ada Kesempatan Bersedekah, Maka Lakukanlah

ASSAJIDIN.COM — Ketika seseorang sedang dalam keadaan sehat maka seseorang tersebut cenderung pelit. Sehingga dalam keadaan sehat dan pelit, sulit sekali untuk sedekah. Padahal sedekah ketika pelih dan sehat adalah sebaik baiknya sedekah dan berpahala lebih besar.

Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa ada seseorang yang menemui Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia berkata :

“Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya? beliau menjawab “Engkau bersedekah pada saat kamu sehat, saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sedekah itu, hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata “untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian dan harta itu sudah menjadi hak si fulan,” (Muttafaqun ‘alaihi. HR. Bukhari no 1419 dan Muslim no 1032).

Lihat Juga :  Konsep dan Dalil Islam Agama Fitrah

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan yang dimaksud keadaan sehat disini adalah dalam keadaan tidak tertimpa sakit.

Adapun pelit atau syahih yang dimaksud adalah pelit ditambah punya rasa tamak.

“Sesungguhnya orang-orang lelaki yang bersedekah dan orang-orang perempuan yang bersedekah, serta mereka yang memberikan pinjaman kepada Allah, sebagai pinjaman yang baik (ikhlas) akan digandakan balasannya (dengan berganda-ganda balasannya) dan mereka pula akan memperoleh pahala yang mulia,” (QS Al Hadid 57:18). (Tri jumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button