MOZAIK ISLAM

Ramadhan 1445 H Sebentar Lagi, Yuk Persiapkan Diri Sambut Ramadhan

AsSAJIDIN.COM  — Rasulullah SAW bersabda “Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan”, (HR Ahmad)

Hanya tinggal menghitung hari, kita akan menyambut bulan Ramadhan 2024. Tentunya terdapat beberapa amalan-amalan yang dapat kita lakukan sebagai umat muslim menyambut bulan mulia suci Ramadhan.

1. Membayar Hutang Puasa Tahun Lalu
Selama satu bulan penuh berpuasa ramadhan, ada kalanya kita tidak dapat melaksanakan puasa. Bisa karena sakit atau datangnya haid khusus bagi kaum wanita.
Maka dari itu membayar hutang puasa adalah persiapan yang paling penting dan wajib dilakukan. Kamu dapat membayar hutang puasa sepanjang tahun hingga berakhirnya bulan syaban.
Kementerian Agama RI menetapkan 1 Syaban 1445 hijriah jatuh pada tanggal 11 Februari 2024 dan berakhir 11 maret 2024.

Lihat Juga :  Dzikir dan Doa di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, Hari Arafah hingga Idul Adha

2. Bekali Diri dengan Ilmu-Ilmu tentang Puasa Ramadhan.
Dalam berluasa di bulan Ramadhan, tidak hanya puasa dengan menahan dahaga hais dan lapar saja. Kaku harus mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan puasa ramadhan seperti hukum, tata cara, berbagai aturan syariat islam sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad saw.

3. Puasa Syaban
Sebulan sebelum bulan ramadhan tiba adalah bulan syaban. Rasulullah banyak melakukan puasa di waktu ini.

Keutamaan puasa syaban adalah akan mendapat pertolongan Rosulullah SAW kelak di hari kiamat.

4. Membaca Al Quran
“Dari abu Umamah, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,” bacalah Al Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat,”(HR Muslim)

Lihat Juga :  Pesan Sebelum Berpisah dengan Ramadhan

5. Mempersiapkan Kondisi Tubuh yang Baik
Menjaga kesehatan tubuh dan kondisi fisik dengan baik. Menjaga pola makan yang sehat dan bergizi agar saat berpuasa stamina tubuh tetap fit. Tidak hanya menahan haus dan lapar, saat puasa pula harus menahan diri dari amarah, sikap yang negatif.
Oleh sebab itu, kamu juga bisa melatih diri kamu untuk menghindari hal negatid dan melakukan kegiatan positif seperti beolahraga, bersedekah dan beribadah.

reporter : trijumartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button