MOZAIK ISLAM

Hikmah Memperingati Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW

AsSAJIDIN.COM – Peristiwa Isra Miraj merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah umat Islam. Banyak sekali pelajaran dan hikmah yang dapat diambil dari peristiwa Isra Miraj yang tahun ini (1445 H) bertepatan jatuh pada Kamis 8 Februari 2024.

Peristiwa Isra Miraj adalah salah satu peristiwa dimana nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah SWT tentang sholat 5 kali dalam sehari.

Selama proses menerima perintah dari Allah dalam peristiwa Isra Miraj tersebut, tentu banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil untuk semakin mendekatkan diri kepadaNya di tahun 2022 ini.

Salah satu hikmah Isra Miraj di tahun 2024 yang bisa kita ambil yaitu Allah sempat memberi perintah sholat sebanyak 50 kali dalam semalam, lalu nabi Muhammad meminta keringanan untuk jumlah sholat yang di laksanakan menjadi sholat 5 waktu dalam sehari.

Berikut adalah tiga hikmah yang dapat kita ambil dalam peristiwa Isra Miraj tahun 2022 yang membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

1. Sholat 5 Waktu

Berdasarkan hadist (shahih) yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam bab Kitab Fadhail Ash-Shahabah, bahwa setelah menerima perintah sholat sebanyak 50 kali dalam sehari, nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi musa.

Lihat Juga :  Allah akan Menyayangi dan Memudahkan Pemimpin yang Sayang dengan Rakyatnya

Nabi Musa menanyakan apa yang allah perintahkan kepadamu,lalu Rasulullah menjawab aku diperintahkan sholat 50 kali dalam semalam.

Kemudian Nabi Musa mengatakan bahwa umat nabi Muhammad tidak akan mampu melaksanakan 50 kali sholat dalam sehari.

Nabi Musa telah mencoba dan menerapkannya kepada manusia sebelumnya,dan nabi Musa menyarankan Nabi Muhammad SAW untuk kembali kepada Allah untuk meminta keringanan.
Nabi Muhammad kembali kepada Allah untuk meminta keringanan hingga beberapa kali karena merasa umat nya tidak akan mampu untuk melaksanakan sholat 50 kali dalam sehari, hingga Allah SWT memberikan keringanan sholat 5 waktu dalam sehari.

Allah telah meringankan sholat dari 50 kali hingga 5 kali dalam sehari. Sebagai umat nya kita wajib melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari dengan khusyuk dan bersungguh – sungguh.

2. Jangan Mudah Menyerah Atas Cobaan yang Datang Silih Berganti

Sebelum peristiwa Isra Miraj, Saat Nabi Muhammad berdakwah di Kota Mekah beliau diuji oleh Allah SWT dengan kehilangan orang – orang tercintanya serta mendapat penindasan dari kaum Quraisy.

Hal itu sudah ditakdirkan oleh Allah SWT agar Nabi Muhammad menjadi sosok yang tangguh, karena tantangan dakwah nabi Muhammad SAW ke depan akan sangat berat dan penuh tantangan dalam menyebarkan agama Islam.

Lihat Juga :  Cara dan Hadits tentang Mendidik Anak Menurut Islam

Setelah peristiwa Isra Miraj,tepatnya setelah hijrah ke Madinah tantangan Nabi Muhammad semakin berat.

Peristiwa perang badar,perang uhud dan perang lainnya menjadi sejarah bahwa perjuangan dakwah Nabi Muhammad di Madinah penuh tantangan dan berliku .

Nabi Muhammad SAW pada peristiwa sebelum dan sesudah Isra Miraj tidak menyerah dan putus asa bahkan beliau menjadi tangguh,kuat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menyebarkan Agama Islam yang penuh tantangan yang berliku.

Kita sebagai umat nabi Muhammad dapat mengambil pelajaran untuk tidak mudah menyerah dan mendekatkan diri kepada Allah atas cobaan yang silih berganti dalam hidup.

3. Selalu Bersikap Jujur Menyampaikan Kebenaran Walaupun itu Pahit

Setelah peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW menyampaikan perjalanan Isra Mi’raj kepada rakyat Mekkah. Namun banyak di antara mereka tidak mempercayai nabi Muhammad.

Bahkan ada yang awalnya beriman setelah mendengar cerita nabi Muhammad SAW mengenai Isra Miraj,mereka keluar dari Islam. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button