MUSLIMAH

Muslimah Lansia tak Wajib Gunakan Hijab

ASSAJIDIN.COM — Siapa saja golongan muslimah yang tak wajib menggunakan hijab?

Selain anak-anak, jawabnya adalah lansia (muslimah lanjut usia).

Ustaz Said Yai Ardiansyah dikutip dari almanhaj.or.id menjelaskan dalil yang menunjukkan wanita tua yang tidak wajib berhijab yaitu dalam Surat An Nur ayat 60 (24:60):

وَالْقَوَاعِدُ مِنَ النِّسَاءِ اللَّاتِي لَا يَرْجُونَ نِكَاحًا فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ ۖ وَأَنْ يَسْتَعْفِفْنَ خَيْرٌ لَهُنَّ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Dan wanita-wanita tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tidak ingin kawin (lagi), mereka tidak berdosa untuk menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan. Dan menjaga kesucian diri mereka adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allâh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Berdasarkan Firman Allah SWT tersebut, tafsir ringkasnya adalah para wanita yang tak lagi memiliki niat berhubungan suami istri dan tidak bersyahwat.

Lihat Juga :  Hukum-hukum dalam Berhias Bagi Kaum Muslimah

Yakni wanita tua yang tidak berkeinginan untuk menikah ataupun dinikahi (oleh lelaki).

Dikarenakan dia sangat tua dan tidak bersyahwat atau sudah terlihat jelek rupanya sehingga tidak bersyahwat dan tidak diingini lagi (oleh kaum lelaki).

Ditafsirkan, bagi golongan muslimat ini tidak berdosa untuk menanggalkan pakaian mereka, yaitu pakaian luar yang tampak seperti khimâr (kerudung) dan sejenisnya.

Mereka diperbolehkan untuk membuka wajah mereka kepada orang yang dirasa aman dan tidak membahayakannya sebagaimana Firman Allah SWT yakni Surat An Nur ayat 31:

وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ

Lihat Juga :  Sesudah Kesulitan akan Datang Kemudahan, Allah adalah Tempat Kembali

“… Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudungnya ke dada mereka …”

 

Tidak berdosa

Ustaz Said Yai Ardiansyah menjelaskan, ketika Allâh Azza wa Jalla menyatakan bahwa muslimah lansia tidak berdosa jika mereka menanggalkan pakaian luar mereka.

Artinya, bisa jadi ada yang menyangka bahwa mereka diperbolehkan untuk menggunakan segala bentuk pakai. (Liputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button