NASIONAL

Pemprov Sumsel Raih Predikat Zona Hijau Kategori A Penyelenggaraan Layanan Publik dari Ombudsman RI

 ASSAJIDIN.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil meraih penghargaan dari Ombudsman RI sebagai predikat zona hijau kategori A dalam pelayanan publik kepada masyarakat.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni dalam acara kegiatan Penyerahan Hasil Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023, kepada Provinsi dan 17 Kabupaten/Kota Se-Sumsel di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (26/1/2024).

Predikat yang diterima Pemprov Sumsel ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih Nomor 418 Tahun 2023 yang mencantumkan Pemerintah Provinsi Sumsel mampu meraih zona hijau dengan nilai 85,25 poin kualitas tinggi.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan penghargaan yang diberikan Ombudsman RI merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Kabupaten/Kota, dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Fatoni juga mengucap syukur atas penghargaan yang diberikan oleh Ombudsman RI.

“Tidak hanya berupa penghargaan saja, bagi Pemerintah Daerah yang kurang dalam hal pelayanan publik juga dapat diberikan punishment, sehingga dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan publik,” ucap Fatoni.

“Hari ini kita bersyukur semuanya mendapatkan penghargaan dan penilaian yang akan menjadi dasar bagi kita untuk bisa memperbaiki kualitas pelayanan publik yang kita berikan kepada masyarakat,” sambungnya.

Lihat Juga :  PLN Tiba-tiba Turunkan Tarif listrik Per 1 Maret, ini Alasannya

Melalui penghargaan ini diharapkan dapat menjadi spirit untuk perbaikan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Oleh karena itu, Fatoni meminta agar Ombudsman terus memberikan pendampingan supaya kualitas layanan publik di Sumsel terus mengalami perbaikan dan kemajuan dari berbagai sisi pelayanan.

“Kami mohon juga kepada Ombudsman untuk terus memberikan pendampingan. Mohon kami terus diarahkan apa yang harus kami lakukan, sehingga pelayanan publik kita semakin baik, kita semua punya tekad yang sama, kita ingin bertugas dengan sukses, kita ingin bertugas dengan sebaik-baiknya dan kita ingin apapun yang kita lakukan membawa manfaat bagi masyarakat membawa kemajuan bagi daerah,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus mengatakan setidaknya ada empat dimensi yang menjadi indikator penilaian, yaitu dimensi input, dimensi proses, dimensi output, dan pengaduan. Khusus untuk pelayanan publik di Provinsi Sumsel menurutnya, hasil penilaian kepatuhan merupakan penggabungan atas hasil kinerja empat dimensi penilaian dengan kategorisasi penilaian masing-masing zonasi hijau dengan kategori kualitas tertinggi dan tinggi, zonasi kuning dengan kategori kualitas sedang dan zonasi merah dengan kategori kualitas rendah dan terendah.

“Sebagian besar di Provinsi Sumsel sudah di zona hijau, sementara bagi yang zona kuning, itu merupakan dorongan untuk di tahun depan lebih meningkatkan pelayanan. Memenuhi standar-standar yang sudah diatur di dalamnya. mudah-mudahan nantinya semua Kabupaten/kota nanti untuk bisa menjadi zona hijau apalagi untuk Pemprov Sumsel sekarang sudah di zona hijau ya, jadi mudah-mudahan semuanya akan menjadi hijau,” ucapnya.

Lihat Juga :  Teguh Santosa Jabat Ketua Umum JMSI Secara Aklamasi

Sebagai informasi, Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 kepada Pemprov Sumsel dan 17 Kab/Kota Se-Sumsel yang masuk zona hijau, antara lain Pemkab Musi Rawas dengan nilai 94,95 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dengan nilai 94,39 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi, Pemkot Palembang 93,75 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi, Pemkab Musi Banyuasin dengan nilai 91,72 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi, Pemkab Ogan Ilir 90,29 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi, Pemkab Musi Rawas Utara 88,62 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi, Pemkab Muara Enim 88,51 Kategori A dengan opini kualitas tertinggi.

Kemudian Pemkot Lubuk Linggau 86,2 Kategori B Zona Hijau Kualitas Tinggi, Pemkab Ogan Komering Ilir 85,81 Kategori B Zona Hijau Kualitas Tinggi, Pemkab Banyuasin 85,40 Kategori B Zona Hijau Kualitas Tinggi, Pemkab Ogan Komering Ulu 84,85 Kategori B Zona Hijau Kualitas Tinggi, Pemkot Prabumulih 83,54 Kategori B Zona Hijau Kualitas Tinggi, Pemkab Lahat 80,58 Kategori B Zona Hijau Kualitas Tinggi. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button