MOZAIK ISLAM

Arti Masyaallah Tabarakallah, Kapan Penggunaannya yang Tepat

AsSAJIDIN.COM — Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita  sering mendengar percakapan yang menggunakan kata “Masyaallah Tabarakallah”. Masyaallah Tabarakallah artinya mengakui bahwa hanya Allah lah yang memiliki kuasa untuk menciptakan atau memberkahi segala sesuatunya.

Ya, Masyaallah Tabarakallah merupakan suatu ungkapan yang digunakan oleh umat muslim sebagai bentuk kekaguman akan suatu hal. Bunda bisa mengucapkan “Masyaallah Tabarakallah” ketika melihat atau mengalami suatu peristiwa yang menakjubkan.

Ucapan tersebut juga termasuk bentuk penghargaan dan rasa syukur terhadap kebesaran Allah SWT. Dalam pengucapan Masyaallah Tabarakallah, Bunda juga bisa membersamainya dengan kata “Alhamdulillah” yang berarti segala puji bagi Allah.

Jika diucapkan menjadi “Alhamdulillah, Masyaallah Tabarakallah” kata ini sama artinya dengan mengakui kebaikan Allah, kekaguman, dan rasa syukur atas segala ciptaannya.

Lihat Juga :  Honorer Bulan November 2023 Dibubarkan, Gaji Tahun 2024 Dipertanyakan

Nah, lantas apa arti dari ungkapan Masyaallah Tabarakallah ini? kapan seharusnya Bunda mengucapkan Masyaallah Tabarakallah? bagaimana cara menjawab ucapan Masyaallah Tabarakallah dari seseorang?

Berikut ini beberapa penjelasan terkait dengan ucapan Masyaallah Tabarakallah yang dapat Bunda pahami dilansir dari laman Mishkah Academy dan berbagai sumber. Simak penjelasan selengkapnya yuk, Bunda.

Mengenal Arti Masyaallah Tabarakallah
Melansir laman Almuhammadi Academy, secara harfiah “Masyaallah” dalam bahasa Arab memiliki arti “apa yang Allah kehendaki telah terjadi”. Sedangkan, dalam bahasa Arab pula “Tabarakallah” mengandung arti “semoga Allah memberkati”.

Lihat Juga :  5 M, Mu'ahadah, Mujahadah, Muroqabah, Muhasabah dan Mu’aqabah, Kunci Selamat Dunia Akhirat

Kedua kata tersebut diucapkan untuk mengingat Allah dalam mengungkapkan pujian pada segala ciptaannya.

Dalam penggunaan kata Masyaallah Tabarakallah, tidak ada salah satu kata yang bermakna lebih. Artinya, kedua kata tersebut dapat diucapkan secara bersamaan maupun hanya diucapkan salah satunya, sebab keduanya memiliki makna yang setara.

Kapan Mengucapkan Masyaallah Tabarakallah?
Pada dasarnya, kata Masyaallah Tabarakallah merupakan ungkapan yang diucapkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. atas segala rahmat yang dirasakan atau dilihat.

Maka dari itu, ungkapan Masyaallah Tabarakallah dapat diucapkan ketika seseorang sedang mengalami atau merasakan segala nikmat, mensyukuri keindahan, dan melihat hal yang menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button