DUNIA ISLAMINTERNASIONAL

Tempat Wisata di Arab Saudi (13) : Museum Nasional Arab Saudi, Destinasi Wisata Budaya Layak Dikunjungi 

ASSAJIDIN.COM — Museum Nasional Arab Saudi ini merupakan salah satu wisata Arab Saudi yang tidak boleh terlewati.

Terletak di jantung kota Riyadh, King Abdulaziz Historical Center dibangun di atas bekas kompleks Istana Murabba.

Atau di sekitar Benteng Al Masmak yang berdekatan dengan Istana Sejarah Al Murabba.

Museum ini dibangun di atas tanah seluas 17.000 meter persegi dengan luas keseluruhan 28.000 meter persegi.

Museum Nasional Arab Saudi buka enam hari dalam seminggu. Tutup pada hari Minggu.

Jam buka bervariasi setiap hari dengan museum buka dari Senin hingga Rabu mulai pukul 09.00 hingga 19.00, Kamis pukul 09.00 hingga 22.00, Jumat pukul 14.00 hingga 22.00, dan Sabtu pukul 09.00 hingga 19.00.

Museum Nasional Arab Saudi. (Foto : Timeoutriyadh.com)

Ruang pameran

Ruang seni dan budaya dibagi menjadi empat ruang pameran, masing-masing menawarkan kesempatan belajar yang unik.

Lihat Juga :  Hadapi Masalah Rumit, Lafalkan Doa dari Ayat Alquran Surat Thaha 25-28 ini

Aula pertama Museum Nasional Arab Saudi berkisah tentang manusia dan alam semesta dengan ruang seluas 1.500 meter persegi yang didedikasikan untuk sejarah bumi.

Manjakan mata Anda dengan hasrat akan batu yang indah, hewan prasejarah seperti mastodon (mamalia gajah yang telah punah), rekreasi Pegunungan Tuwaiq, dan masih banyak lagi.

Aula kedua mengeksplorasi peradaban dan kerajaan Arab kuno. Yang dipamerkan meliputi tulisan Thamud, Aram, dan Islam yang diukir pada lempengan batu, perhiasan, mural dan potret dari Istana Asiria, dan masih banyak lagi.

Pergilah ke aula tiga di Museum Nasional Arab Saudi untuk menggali lebih dalam sejarah Islam. Saksikan manuskrip Al-Quran berusia 500 tahun, mural keramik, dan masih banyak lagi dari tahun-tahun awal Islam.

Aula terakhir menampilkan kelahiran Arab Saudi sebagai sebuah bangsa, dari dua negara pertama hingga penyatuan Kerajaan.

Lihat Juga :  Jabir bin Hayyan, Bapak Ilmu Kimia Modern dari Islam

Saksikan sekilas zaman melalui harta karun kuno berupa aksara, buku langka, dan koin. Ada juga pameran Haji dan Dua Masjid Suci.

Setelah mengunjungi museum, Anda juga dapat mengunjungi toko suvenir, toko bukhoor (dupa), dan toko tekstil yang terletak di pasar terkenal di kawasan tersebut, Souq Al Zal .

Museum Nasional Arab Saudi ini menjadi rumah bagi sejarah penting Arab Saudi. Di dalamnya ada masjid, perpustakaan, gedung konderensi, beberapa taman, dan taman hiburan kecil untuk melepas penat sejenak.

Museum Nasional Arab Saudi didirikan pada tahun 1999. Museum yang sangat penting dan mengesankan yang merinci sejarah monarki Saudi, keluarga kerajaan Saudi, dan pembentukan bangsa. (Dari berbagai sumber)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button