NASIONAL

Dompet Dhuafa dan Komunitas Sumsel Wujudkan Aksi Nyata Melalui Community Gathering dan Training Bencana

ASSAJIDIN.COM  – Dompet Dhuafa Sumsel, DMC, DDVolunteer, dan RDK menggelar Community Gathering dan Training Bencana pada 19-21 Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan komunitas dari berbagai wilayah di Sumatra Selatan.

Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan di Utopia Collaboration Space, Palembang. Narasumber yang hadir antara lain Fajar Firmansyah dari DDVolunteer Pusat yang membahas materi Value Volunteerism, Yudha Adhilla dari REMO DD Pusat yang membahas materi Fundraising for Community, serta Ahmad M. Syarif dari Sekolah Relawan yang membahas materi Merancang Program yang Berdampak Bagi Komunitas.

Merancang program yang berdampak pada komunitas adalah proses yang kompleks dan membutuhkan perencanaan yang matang. Untuk itulah tadi kita minta para peserta melakukan Focus Group Discussion (FGD) agar mereka bisa menemukan formula atau ide gagasan program sosialnya, Ujar Syarif yang baru pertama kali ke Palembang serta merasa senang dengan antusiasme anak-anak muda Palembang dalam mengikuti kegiatan ini.

Lihat Juga :  Dorce Gamalama Disalatkan dengan Nama Lahir Deddy Yuliardi, Dimakamkan dengan Prokes Ketat

“Hal senada juga disampaikan Yudha Adhilla, setelah merancang program dengan baik, dibutuhkan juga RenStra dalam pendanaan, bagaimana agar masyarakat tertarik untuk ikut berdonasi pada program tersebut”, imbuhnya.
Pada hari kedua dan ketiga, kegiatan dilaksanakan di Desa Burai, Ogan Ilir. Materi yang dibahas antara lain pengenalan kebencanaan, mitigasi bencana, dan tanggap darurat bencana.

Rizki Asmuni selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumsel mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan komunitas dalam menghadapi bencana. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi komunitas untuk saling berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan aksi nyata di masyarakat.

Lihat Juga :  Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Terbang ke Belanda, Gelar Riset Kolaborasi Internasional

“Kedepan kami berharap pasca kegiatan ini, kolaborasi antar komunitas tetap berlanjut agar bisa memberikan dampak besar pada kehidupan masyarakat, terutama siap siaga dalam menghadapi bencana, karena banyak beberapa daerah di Sumsel saat ini terdampak bencana”, tambahnya. (Andiwijaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button