NASIONAL

Pengangguran di Kota Palembang Hanya Turun 0,17 Persen

ASSAJIDIN.COM — Angka pengangguran di Kota Palembang diakui oleh pemerintah setempat masih tinggi meskipun ada penurunan yang cukup sedikit.

PJ Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, dalam satu tahun terakhir, angka pengangguran turun meskipun tidak signifikan.

“Sejak 2022 – 2023, angka pengangguran turun sebanyak 0,71 persen,” katanya, usai membuka Job Fair di PTC Mall, Kamis (7/12/2023).

Menurutnya, masalah pengangguran ini ada dua hal. Diantaranya adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan dan pencari dari sisi kualitas dan kuantitas, juga karena informasi yang kurang diterima masyarakat.

“Kita sudah melakukan upaya dengan Job Fair, bursa kerja luar negeri, dan mengadakan pelatihan secara berkala,” katanya.

Lihat Juga :  Islam Menangkal Virus Corona

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang, Rediyan Dedi mengatakan, pengangguran saat ini masih di angka 7,49 persen, ini sudah turun dibandingkan tahun kemarin 8,2 persen.

“Kita berharap dengan job fair ini bisa turun lagi untuk sampai ke angka nasional 5,2 persen,” katanya.

Menurutnya angka 7,49 persen sudah turun pada Juni 2023 lalu saat Disnaker menggelar Job Fair yang pertama.

Pada Job Fair yang lalu Disnaker bekerjasama dengan 45 perusahaan secara offline dan 12 perusahaan secara online dengan menyerap tenaga kerja hingga 1.516.

Lihat Juga :  Kisah Dua Sahabat Rasulullah dan Bulan Ramadhan

Selain itu, hingga Agustus 2023 kemarin ada 835 tenaga kerja yang berhasil diserap bahkan juga difasilitasi untuk pencari kerja khususnya disabilitas.

“Karena perusahaan berproses ya, jadi tidak semua (diserap tenaga kerja) lantaran menyesuaikan kebutuhan dari kriteria Perusahaan. Kami tidak membatasi untuk pelamar yang KTPnya berasal dari luar Sumsel,” katanya.

Untuk Job Fair akan dilaksanakan di Palembang Trade Center (PTC) Mall pada 7 -8 Desember 2023 kali ini, sebanyak 40 perusahaan mulai dari Perkebunan, Perbankan, Retail, Hotel dan lainnya, yang menyediakan 3.000 – 3.500 lowongan kerja. (pitria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button