KELUARGA

Bagi Suami-Istri, inilah Amalan Agar Cepat Mendapatkan Keturunan

AsSAJIDIN.COM — Berikut adalah kumpulan doa islami yang dapat diamalkan, dipanjatkan kepada Allah agar cepat hamil dan diberi keturunan. Doa ini bisa dibacakan oleh sang istri atau suami:

 

1. Doa Nabi Ibrahim AS agar cepat punya keturunan

Doa Nabi Ibrahim AS agar cepat punya keturunan ada dalam Surat Ibrahim ayat 35 dan 40:

Surat Ibrahim ayat 35

ربِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الأصْنَامَ

(Rabbij’al hazal-balada aminaw wajnubni wa baniyya an na’budal-asnam)

Artinya: Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.

Surat Ibrahim ayat 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

(Rabbij’alni muqimas-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du’a)

Artinya: Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

2. Doa Nabi Zakaria AS

Doa Nabi Zakaria AS agar diberi keturunan ada dalam Surat Al-Imran ayat 38
Dikisahkan Nabi Zakaria AS membaca Surat Al-Imran ayat 38 untuk meminta keturunan.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

(Rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan tayyibah, innaka sami’ud-du’a)

Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.

 

3. Surat Maryam ayat 1-6 untuk program hamil.

Dalam buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil karya Ana Syafaratin, dijelaskan bahwa sebenarnya tidak ada anjuran membaca surat Maryam bagi ibu hamil atau bumil. Namun, banyak masyarakat yang mengamalkan surat Maryam sebagai ikhtiar untuk mendapatkan keturunan.

Lihat Juga :  Pemprov Sumsel Terima Penghargaan BKN Award 2023, Herman Deru : Pemacu ASN untuk Terus Tingkatan Kinerja

{كهيعص (1) ذِكْرُ رَحْمَةِ رَبِّكَ عَبْدَهُ زَكَرِيَّا (2) إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا (3) قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (4) وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا (5) يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا (6) } .

(“Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad”. Zikru rahmati rabbika ‘abdahu zakariyya. Iz nada rabbahu nida’an khafiyya. Qala rabbi inni wahanal-‘azmu minni wasyta’alar-ra’su syaibaw wa lam akum bidu’a’ika rabbi syaqiyya. Wa inni khiftul-mawaliya miw wara’i wa kanatimra’ati ‘aqiran fa hab li mil ladungka waliyya. Yarisuni wa yarisu min ali ya’quba waj’al-hu rabbi radiyya)

Artinya:
Kaf Ha Ya ‘Ain Shad. (yang dibacakan ini adalah)penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hamba-Nya, Zakaria, yaitu ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lirih. Dia (Zakaria) berkata, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah, kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku tidak pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, wahai Tuhanku. Sesungguhnya aku khawatir terhadap keluargaku sepeninggalku, sedangkan istriku adalah seorang yang mandul. Anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu. (Seorang anak) yang akan mewarisi aku dan keluarga Ya‘qub serta jadikanlah dia, wahai Tuhanku, seorang yang diridai.

 

4. Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 127-128

رَبَّنَا تََقبَّلْ مِنَّا ِإنَّكَ َأنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ رَبَّنَا وَاجْعَْلنَا مُسْلِمَيْ ِ ن َلكَ وَمِن ُذرِّيَّتِنَا أُمًَّة مُّسْلِمًَة لَّكَ وََأ ِ رنَا مَنَاسِ َ كنَا وَتُبْ عََليْنَآ ِإنَّكَ َأنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

(Rabbana taqabbal minna innaka anta ssami’ul alim. Rabana waj’alna muslimaini laka wa min dzurriyatina ummatan muslimatallaka wa arina mana sikana watub ‘alaina innaka anta ttawaburrahim)

Lihat Juga :  Amalan-amalan Sunnah Sebelum Melaksanakan Sholat Idul Adha

Artinya: Ya Tuhan terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang tunduk patuh kepada-Mu dan (jadikanlah) anak cucu kami juga umat yang tunduk patuh kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat melakukan ibadah haji kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkau yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

5. Surat As Saffat ayat ke-100

Doa ini diambil dari Doa Nabi Ibrahim AS untuk meminta keturunan:

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

(Rabbi hab li minas-sslihin)

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

6. Surat Al Anbiya ayat ke-89 agar cepat hamil

وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Latin Arab:

Wa zakariyya iz nada rabbahu rabbi la tazarni fardaw wa anta khairul-warisin

Artinya:
Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik.

7. Doa meminta keturunan

Doa meminta keturunan anak laki-laki
“Allahumma inni usammi ma fi bathni/bathni zaujati hadzihi muhammadan faj’alhu lii dzakaran bi haqqi shahibi hadzal ismisy-syarifi sayyidina Muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku menamai anak yang masih ada dalam perutku/perut istriku dengan nama Mumammad. Maka, jadikanlah berupa anak lelaki dengan mendapatkan kebenaran (Nabi) yang mempunyai nama mulia ini, yaitu junjungan kami Muhammad SAW.

Doa meminta keturunan anak perempuan
“Allahumma inni usammi ma fi bathni zaujati hadzihi fatimah fajalhu li dzakaran.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku menamai anak yang masih ada dalam perutku/perut istriku dengan nama Fatimah. (*/sumber: tribunsumsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button