ALFURQON SCHOOL

Siswa SMAIT Al Furqon Raih Juara III Olimpiade Fisika di Universitas Gadjah Mada

AsSajidin.com, Yogyakarta,  — Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Furqon Palembang kembali meraih prestasi membanggakan di awal Desember 2023, setelah sebelumnya sukses membukukan catatan gemilang di Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Internasional di Malaysia Grand Invention Expo 2023 pada pertengahan November 2023. Kini sekolah bertagline Ahli dzikir, ahli fikir, ahli ikhtriar ini juga sukses meraih peringkat III dalam ajang olimpiade fisika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Gadjah Mada.

Pada kesempatan kali ini, SMAIT Al Furqon mengirimkan utusan atas nama Ahmad Daffa Islamay Askari yang merupakan perwakilan SMA negeri dan swasta se-Indonesia. Pendaftaran olimpiade dibuka secara online melalui media sosial @topcopUGM pada bulan September s.d. November 2023.  Pelaksanaan olimpiade terdiri dari beberapa tahapan, yakni penyisihan dilakukan secara online pada hari Kamis, 2 November 2023. Setelah mengikuti babak penyisihan secara online, panitia mengumumkan hasil tes secara online pada hari Kamis, 9 November 2023.

Lihat Juga :  Sekolah ini Ajarkan Adab dan Akhlak Rasulullah

” Dari hasil pengumuman, diambil 50 peserta yang terdiri 16 juara regional dan 34 peringkat nasional. Dari 50 peserta, alhamdulillah Ananda, Ahmad Daffa Islamay Askari melaju ke tahap semifinal untuk selanjutnya pada hari Jumat, 24 November 2023 lalu diadakan babak semifinal di Kampus Departemen Fisika UGM yang dihadiri oleh 50 peserta. Dan Alhamdulillah untuk kesekiankalinya lagi, berkah dan ridho Allah SWT juga,  siswa SMAIT  Al Furqon Palembang raih peringkat pertama dari 6 peserta yang masuk ke babak final, “ujar Kepsek SMAIT Al Furqon, Ustadz Mahyudi kepada AsSajidin, Sabtu  (2/12/2023).

Ahmad Daffa Islamay Askari saat memberikan paparan dihadapan para dewan juri lomba olimpiade fisika di Universitas Gadjah Mada

Ia menambahkan, untuk babak final itu sendiri dilaksanakan pada tanggal  25 November 2023 di Kampus Departemen Fisika UGM Yogyakarta.

” Pokoknya banyak sekali tes yang dilalui oleh ananda Daffa ini, mulai dari eksperimen, analisis data, dan presentasi di hadapan para dosen penguji. Setelah itu, diadakan pengumuman pada pukul 14.00 WIB di Auditorium FMIPA UGM. Alhamdulillah ananda meraih juara III (Tiga).  Untuk itu, kami sangat bersyukur atas pencapaian demi pencapaian yang telah diraih . Itu semua tidak terlepas dari program Siswa Berprestasi ( Sisber) yang selama bertahun-tahun ini memang menjadi program unggulan di SMAIT Al Furqon. Yaitu sebuah program yang menggembleng siswa  dalam mencapai minat belajarnya sendiri, dan kami sebagai guru hanya menyalurkan bakat dan memotifasinya saja, ” katanya.

Lihat Juga :  Gelar Sholat Jumat Perdana, Masjid Al Furqon Kedepankan Protokol Kesehatan

Atas prestasi yang telah diraih ananda, lanjut Ustadz Mahyudi  PembinaProgram Studi Fisika UGM juga memberikan apresiasi setingginya kepada Ananda Ahmad Daffa Islamay Askari, siswa SMA Islam Terpadu Al Furqon Palembang berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan.

” Semoga kedepan program Sisber ini semakin banyak menelurkan prestasi-prestasi lainnya, ” harapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button