MOZAIK ISLAM

Nama-nama Hari Akhir dan Artinya, Disebut dalam Alquran

ASSAJIDIN.COM- Hari akhir atau kiamat adalah berakhirnya kehidupan manusia dan semua makhluk di dunia.

Umat Islam mendapat banyak gambaran tentang hari akhir di dalam kitab suci Al Quran. Ada satu yang tidak ditemukan, yakni pengetahuan tentang kapan datangnya hari kiamat, yang dirahasiakan oleh Allah. Bahkan tidak ada satu makhluk pun, termasuk malaikat, yang mengetahuinya. Al Quran juga menyebutkan tentang nama-nama hari akhir sebagai tahapan yang akan ditempuh oleh manusia setelah kiamat.

Apa saja nama hari akhir beserta artinya?

Nama hari kiamat beserta artinya Hari akhir bukan hanya hari berakhirnya kehidupan manusia di dunia, tetapi juga menandai dimulainya kehidupan di akhirat. Di akhirat, semua manusia dari zaman Nabi Adam hingga manusia terakhir yang hidup di dunia, akan dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatannya.

Lihat Juga :  Bik Was Sudah Lama tak Jualan Sejak Social Distancing, Daqu Palembang Beri Santunan

Berikut ini nama lain dari hari akhir sebagaimana diungkapkan dalam Al Quran.

Yaumul Qiyamah (hari kiamat) Yaumul Zalzalah (hari guncangan) Yaumul Qariah (hari keributan) Yaumut Tammah (hari bencana besar atau penderitaan)

Yaumul Baats (hari kebangkitan) Yaumul Mahsyar atau Yaumul Hasyr (hari dikumpulkan)

Yaumut Taghabun (hari terbukanya segala kecurangan)

Yaumul Hisab (hari perhitungan) Yaumul Mizan (hari penimbangan) Yaumud Din (hari tegaknya agama) Yaumul Jaza (hari pembalasan) Yaumul Fasl (hari pemisahan atau keputusan).

Meyakini datangnya hari kiamat termasuk rukun iman yang kelima. Banyak hikmah yang didapat oleh umat Islam yang meyakini datangnya hari akhir, di antaranya: Mendorong manusia untuk senantiasa taat dan ikhlas dalam beribadah kepada Allah Bertindak dengan penuh tanggung jawab agar tidak mendatangkan dosa Menyadarkan manusia agar tidak terlena dengan kesenangan dunia Menyadarkan manusia untuk memperbanyak sedekah demi kebaikan di akhirat Teguh dalam perbuatan yang diridai Allah. (*/SUMBER: Kompas)

Lihat Juga :  Perang Uhud, Hikmah Mencari dan Meraih Pertolongan Allah SWT

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button