HAJI & UMROH

Jemaah Gelombang Kedua Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air, Total 3.946 Jemaah Pulang

AsSAJIDIN.COM — Debarkasi Palembang mulai hari ini menerima kedatangan jemaah haji gelombang kedua yang kembali ke Tanah Air. Adalah 355 jemaah kloter 11 asal Palembang dan Musi Banyuasin yang tiba di Palembang, Rabu (19/7) malam.

Ketua Kloter 11 H. Melsanofri dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci lalu, jemaah kloter 11 berjumlah 359 orang. Di Tanah Suci, ada satu jemaah kembali ke kloter asalnya kloter 3, yaitu Mursyidah, empat jemaah meninggal dunia yaitu M. Teguh Yahya (75), Marsum Marjo Sukarno (67), Kamila B. Abdul Rasyid (72), dan Suyatmi Reso (69) serta satu jemaah pulang lebih awal bersama kloter 8 yaitu Kartini. Ada juga satu jemaah kloter 11 yang tertunda pulang karena sakit, yakni Misni Rebo Rejo.

Sementara itu, ada tiga jemaah yang tanazul masuk ke kloter 11, yakni Muhammad Zulfikri Arifin dan Maryani Yusuf dari kloter 12 serta Suharti Muksin jemaah kloter 3 yang tertunda pulang. “Dengan demikian, jemaah yang kembali ke Palembang malam ini berjumlah 355 orang,” jelas Melsanofri.

Lihat Juga :  Sambut Ramadhan, Mukena untuk Shalat Tarawih yang Nyaman Dipakai dan "Ramah Kantong" Jadi Incaran

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil mengatakan, dengan kedatangan jemaah kloter 11, Debarkasi Palembang hingga kini telah menerima kedatangan 3.946 jemaah dengan rincian Sumsel 2.831, Babel 1.061, dan 54 petugas kloter. Jemaah yang meninggal di Arab Saudi 32 orang dengan rincian Sumsel 27 orang dan Babel lima orang, sedangkan jemaah yang meninggal di debarkasi berjumlah empat orang dengan rincian dua dari Sumsel dan dua dari Bangka Belitung.

“Saat keberangkatan lalu, embarkasi Palembang memberangkatkan 8.505 jemaah haji. Itu artinya, masih ada 4.527 jemaah lagi yang berada di Tanah Suci,” jelas Armet.

Lihat Juga :  Bersedekah Lewat Sampah, Gebyar Lazizmu Palembang 28-30 September 2023

Pada kesempatan tersebut Armet juga menyampaikan kabar baik bahwa jemaah haji akan menerima tambahan air zamzam sebanyak 5 liter sehingga menjadi 10 liter, yang langsung disambut tepuk tangan jemaah haji.
Untuk jemaah haji Kabupaten MUBA akan menginap terlebih dahulu di asrama haji dan akan diberangkatkan ba’da subuh esok hari menuju Kabupaten MUBA. Sementara jemaah haji Kota Palembang dijemput KBIH masing-masing.

Turut hadir Kabid Urais Efriyansah, Kabid Penmad Win Hartan, Kakankemenag Kota Palembang H. Abdul Rosyid, Direktur Swarna Dwipa pengelola Asrama haji H. Rebo Iskandar, Kakankemenag Kab. MUBA H. Muhammad Makki. (*/sumber: rilis kemenag)

Penulis : Miftach
Editor : Abdul Qudus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button