HAJI & UMROH

Satu Jemaah Kloter 4 Debarkasi Palembang Dirujuk ke Rumah Sakit Saat Tiba di Palembang

 

AsSAJIDIN.COM — Sebanyak 359 jemaah haji Kloter 4 Debarkasi Palembang tiba di Bandara SMB II Palembang, Selasa (11/7), pukul 10.16 WIB.

Satu orang jamaah atas nama Sutanto Jasmangun (71) langsung dirujuk ke Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang lantaran kondisi kesehatannya memburuk.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang Emmilya Rosa mengatakan, Sutanto Jasmangun ini memiliki riwayat pernah masuk rumah sakit di Arab Saudi.

“Saat tiba di Palembang kondisi umumnya buruk sehingga langsung dibawa petugas kesehatan menggunakan ambulan ke RSUD Siti Fatimah,” katanya.

Evakuasi jemaah sakit memang jadi salah satu prioritas utama bidang kesehatan. Kondisi fisik jemaah akan dilihat. Ketika kondisi umumnya buruk, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit.

Lihat Juga :  Kemenkumham Sumsel Turut Aktif Mengentaskan Stunting, Gelar Bakti Sosial

Namun bila kondisi umumnya baik seperti saturasinya baik, dan jemaah hanya kelelahan atau dehidrasi atau mabuk perjalanan, maka akan dilakukan observasi di poliklinik.

“Kita siap melakukan pelayanan maksimal kepada jemaah,” kata Emmilya.

Selain menyiapkan poliklinik di asrama haji, jemaah yang sakit dan butuh penanganan lebih lanjut akan dirujuk ke rumah sakit rujukan.

Ada tiga rumah sakit rujukan, yaitu RS Siti Fatimah, RS Muhammad Husein, dan RS Ernaldi Bahar.

Sementara itu, ketua kloter 4 H. Fery Suhaimi menjelaskan, kloter 4 merupakan jemaah asal Kota Palembang.

Lihat Juga :  Doa Ketika Memasuki Kota Makkah

Jumlah jamaah yang kembali ke Tanah Air sama seperti saat berangkat ke Tanah Suci, yakni 359 orang termasuk lima petugas.

Saat berangkat ke Tanah Suci lalu, jumlah yang berangkat 359 orang karena ada satu jemaah yang sakit dan baru berangkat bersama kloter 6, yaitu Bapak Hotma Harahap.

“Beliau sempat kembali bergabung dengan kita di kloter 4, namun rupanya beliau ada janji dengan Allah. Beliau akhirnya meninggal di Tanah Suci,” katanya. (pitria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button