SYARIAH

Keutamaan dan Adab Memberi Salam

ASSAJIDIN.COM — Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Artinya:

Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Dari ‘Amar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

Artinya:

Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: [1] bersikap adil pada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang, dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan. (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

Artinya:

Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Lihat Juga :  One Day One Hadist : Keutamaan 10 Hari Pertama bulan Zulhijjah

Adab Mengucapkan Asslamualaikum
Untuk menyempurnakan salam yang Kita ucapkan, berikut ini adalah adab-adab dalam mengucapkan salam atau Assalamualaikum.

Sebaiknya berikan salam dengan sempurna.
Beri salam terlebih dahulu.
Balas salam dengan baik.
Hendaknya ulangi salam ketika berjumpa lagi.
Jangan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada Yahudi dan Nasrani.
Baca Juga: Tulisan Innalillahi Arab yang Benar, Latin, & Artinya (Tinggal Salin!)
Lalu bagaimana mengucapkan salam kepada Non Muslim? Para ulama sudah sepakat tentang larangan mengucapkan salam kepada Non Muslim. Namun apabila mereka mengucapkan salam duluan, maka kita harus membalas dengan kalimat wa’alaikum. Hal ini sebagaimana dalam hadits.

إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

Artinya:

Apabila ahlul kitab (Non Muslim) mengucapkan salam kepada kalian, maka balaslah dengan kalimat Wa’alaikum.

Keutamaan Kalimat Asslamualikum
Berikut ini beberapa keutamaan mengucapkan salam yang begitu besar.

Apabila Kita mengucapkan salam kepada seseorang lantas dia tidak menjawabnya, maka Malaikat akan menjawab salam tersebut.
Salah satu Asmaul Husna adalah As-Salam.
Apabila salam diucapkan kepada sekelompok orang, maka Kita akan mempunyai satu deratas di atas mereka.
Makna Tulisan Assalamualaikum
Berikut ini beberapa makna yang terkandung dalam salam yakni Assalamualaikum yang bisa kamu ketahui.

Lihat Juga :  One Day One Ayat and Hadist : Puasa itu Baik untukmu

1. Perintah Nabi
Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya agar selalu mengucapkan Assalamualaikum kepada sesama umat muslim. Selain itu, pada hadist tersebut juga Kita diperintahkan untuk menyambung tali silaturahmi dan shalat ketika manusia tidur malam.

2. Bentuk Saling Mencintai
Orang yang memberikan salam berarti telah mencintai dan mendoakan orang lain dalam mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

“Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar Assalamualaikum antar sesama muslim.”

3. Memberi Rasa Aman
Meskipun tidak secara langsung, seseorang yang memberikan ucapan salam sebenarnya telah memberikan janji, bahwa kalian aman dari hal-hal negatif, baik lisan, fisik, maupun perlakuan.

4. Bentuk Bergantung Diri Pada Allah SWT
Makna yang terkandung pada kalimat Assalamualaikum adalah Kita berserah diri kepada Allah yang Maha Esa bahwa yang memberikan keselamatan dunia dan akhirat adalah Allah SWT.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button