DUNIA ISLAM

Empat Persiapan Diri Sambut Bulan Suci Ramadhan

AsSAJIDIN.COM – Bulan Suci Ramadhan aalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Bulan dimana dikenal menjadi bulan paling baik dan penuh ampunan.

Dikatakan menjadi bulan penuh ampunan, dikarenakan pada bulan Ramadhan, seluruh umat islam melaksanakan ibadah puasa dengan memperbanyak amal dan ibadah dengan menahan hawa nafsu.

Sebelum menjalani puasa Ramadhan selama 30 hari penuh, tentunya kita harus mempersiapkan diri sebelun bulan suci tiba. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadah :
1. Membayar hutang puasa tahun lalu
Saat menjalani ibadah puasa, terkadang terdapat kendala yang mengakibatkan kita tidak diwajibkan menjalani ibadah puasa, seperti tubuh yang sedang sakit, muslimah yang sedang menstruasi bahkan sedang melakukan perjalanan jauh.
Hal tersebut membuat puasa tidak penuh dan sebagai umat islam memiliki kewajiban untuk mengganti jumlah puasa sesuai hari saat tidak berpuasa.
Sebagaimana perintah dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 184 “…(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin.”

Lihat Juga :  Separuh Sekolah SD-SMP di Palembang Rusak

2. Memperbanyak ibadah dan perkuat iman
Memperbanyak ibadah tidak melulu saat ada momen tertentu, setiap waktu kedepan umat islam harus senantiasa memperbanyak ibadah. Perkuat iman juga menjadi hal trpenting dalam islam. Dengan beriman kepada Allah SWT dapat pertolongan dari Allah.
Sebagaimana Hadist Nabi Shalallahu alaihi wassalam, dari Abu Hurairah, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no.760)
Sebelum bertemu bulan Ramadhan, kita perlu memantapkan hati dan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas untuk mencari ridho Allah.

3. Persiapkan fisik dan rohani
Saat bulan Ramadhan, tentu pola makan akan mengalami perubahan. Menghadapi itu tentunya kita harus mempersiapkan fisik sedemikian rupa. Sehingga, saat sedang berpuasa, tubuh tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasanya.
Pastikan tubuh tetap fit dengan melakukan olahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukuo.

Lihat Juga :  Kementerian Luar Negeri Dorong Provinsi Kerja Sama dengan Negara-negara Asia Timur

Menjaga rohani agar hati ikhlas, bersih dari penyakit hati seperti iri, dengki, riya’, dendam dan permusuhan. Alangkah baiknya jika hari mu sebelum memasuki Ramadhan diisi dengan mendengarkan ceramah agama di majelis ta’lim dan tempat-tempat pengajian.

4. Pelajari dan dalami ilmu agama
Memahami tata cara ibadah yang benar sesuai aturan Allah SWT tentunya membawa kita meraih pahala untuk bekal di akhirat. Ibadah akan lebih maksimal jika diri membekali ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan seperti hikmah puasa Ramadhan, shalat tarawih, membaca Al Quran, perbanyak dzikir, I’tikaf di masjid sehingga fisik dan akal fikiran akan lebih siap dalam melaksanakan amalan-amalan bulan suci Ramadhan.

Nah, itu dia tadi beberapa hal yang dapat kita persiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan. Sehingga kita menjalani ibadah dengahati yang ikhlas dan tentunya dengan mengharap Ridho dari Allah Subhanawata’Allah. (tri jumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button