MUSLIMAH

Sempat Terpuruk Bahkan Jadi Korban KDRT, Sepdia Kini Jadi Pengusaha UMKM Sukses

Pasarkan Home Decor Nouhasepdia Hingga ke Amerika

AsSAJIDIN.COM — Sempat terpuruk menjadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Sepdia Mautia Putri (29) mampu bangkit dan menjadi inspirasi bagi kaum wanita.

Wanita tangguh ini kini tetap produktif dengan usaha home decor, Nouhasepdia yang banyak diminati pangsa pasar luar negeri.

Sepdia menyukai kerajinan tali-temali sejak masih berumah tangga dengan mantan suaminya dulu.

Saat itu, Sepdia mulai mencoba menekuni usaha kerajinan Macrame ini sejak Juli 2020.

Namun tidak begitu aktif dikarenakan mengalami KDRT dalam bentuk psikis/mental sejak awal pernikahan dan kemudian berlanjut KDRT fisik di akhir tahun 2020.

Karena mengalami kekerasan psikis dan fisik itu, Sepdia hanya membuat pesanan custom dan membuat konten di sosial media seadanya.

Setelah berpisah dari mantan suami pada 2021, Sepdia aktif menjalankan usaha ini di awal tahun 2022 baik online maupun offline.

“Setelah luka lebam pada tubuh saya tidak ada lagi dan trauma pada putri saya yang teratasi sedikit demi sedikit,” katanya.

Perempuan lulusan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Jurusan FMIPA Matematika ini menuturkan, awal dirinya menjalani usaha sekarang, adalah bagaimana mencari nafkah tidak berkaitan dengan komputer dan printer.

“Karena usaha saya sebelumnya Perky Chamber harus cetak desain, saya berpikir beribu cara bagaimana agar saya tetap bisa menafkahi anak,” katanya.

Lihat Juga :  Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Alquran

Pada saat itu dirinya tertarik dengan benang dan tali temali sehingga mulai melakukan riset secara online, apa yang bisa di hasilkan dari benang dan tali temali.

Kemudian saya banyak menonton video tutorial dari Turki untuk kerajinan macrame yang simple dan tidak membutuhkan alat apapun serta bisa dikerjakan dimana saja, khususnya ketika sedang momong anak.

“Alhamdulillah setelah beberapa kali melakukan percobaan, saya membagikan konten di sosial media dan banyak diminati oleh followers saya di sosial media,” Jelasnya.

Nama brand NOUHA SEPDIA sendiri merupakan nama yang diambil dari nama putrinya yaitu Nuha (3) dan namanya sendiri, Sepdia (29).

Sepdia memilih menggunakan ejaan Bahasa Arab Tunisia (Afrika Utara) untuk nama NOUHA.

“Karena pada saat saya menjadi mahasiswi pertukaran di Tunisia, saya mendapatkan banyak pelajaran hidup yang bisa saya terapkan di kehidupan saya saat ini serta relasi untuk usaha yang saya geluti,” katanya.

Ibu muda ini ingin usahanya memberikan energi positif kepada banyak lapisan masyarakat, khususnya para korban dan Penyintas KDRT agar bisa bersuara lewat karya dan tetap berdaya.

Kebanyakan orang menganggap Korban dan Penyintas KDRT lemah serta tidak berdaya, sehingga ia ingin bisa menjadi teman pulih untuk korban dan Penyintas KDRT lainnya melalui usaha yang tekuni ini.

Lihat Juga :  Doa di Penghujung Ramadhan 1444 Hijriyah

Produk Nouhasepdia saat ini memproduksi berbagai jenis dekorasi rumah serbaguna, tahan lama dan ramah lingkungan.

“Semua hasil karya kami merupakan kerajinan macrame (teknik menyimpul tali) dan anyaman rotan. Macrame rainbow adalah produk yang paling banyak peminatnya di kota Palembang,” katanya.

Sementara dekorasi dinding anyaman rotan lebih diminati oleh masyarakat mancanegara.

Untuk kategori Ibu, produk yang paling diminati yaitu macrame animals yang bisa menjadi media belajar pengenalan jenis-jenis hewan kepada Batita mereka dan macrame rainbow untuk dekorasi di kamar anak.

Saat ini para pembeli mancanegara lebih memilih custom produk, daripada produk yang ready karena mereka bebas menentukan ukuran dan warna sesuai selera.

“Pembeli dari luar negri saya dapatkan melalui marketplace seperti Shopee dan toko saya memenuhi kriteria sebagai penjual di Shopee Ekspor,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga memasarkan produk saya melalui e-commerce ETSY dan sosial media.

Pembeli ETSY di NOUHA SEPDIA kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Amerika, Saudi Arabia, Singapura, Malaysia, Thailand, Spanyol dan Inggris.

Kerajinan dari Nouhasepdia berlokasi di Jl. Sapta Marga lr. Kelapa Hibrida No. 17 Kel. Bukit Sangkal Kec. Kalidoni atau lewat Instagram, Facebook, Shopee, Tiktok: @nouhasepdia. (pitria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button