MOZAIK ISLAM

Doa Memohon Terhindar dari Kematian yang Suul Khatimah

 

AsSAJIDIN.COM — Setiap muslim pasti menginginkan mati dalam keadaan baik atau husnul khatimah bukan suul khatimah (berakhir buruk). Ada banyak ikhtiar yang bisa kita lakukan agar Allah SWT memberikan kematian yang baik untuk kita.

Selain selalu beramal shaleh, ada doa yang patut selalu kita panjatkan agar diberikan perlindungan dari perkara kematian yang buruk atau mengerikan.

Berikut doa yang sangat bermanfaat ini.

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAT TARODDI WAL HADMI WAL GHOROQI WAL HARIIQI, WA A’UUDZU BIKA AN-YATAKHOBBATHONISY SYAITHOONU ‘INDAL MAUTI, WA A’UDZU BIKA AN AMUUTA FII SABIILIKA MUDBIRON, WA A’UDZU BIKA AN AMUUTA LADIIGHO.

Lihat Juga :  Niat, Doa dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Ghaib

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebinasaan (terjatuh), kehancuran (tertimpa sesuatu), tenggelam, kebakaran, dan aku berlindung kepada-Mu dari dirasuki setan pada saat mati, dan aku berlindung kepada-Mu dari mati dalam keadaan berpaling dari jalan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari mati dalam keadaan tersengat,” (HR. An-Nasa’i, no. 5531. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Kenapa sampai kita berdoa meminta perlindungan dari hal-hal di atas padahal yang disebutkan dalam doa menyebabkan seseorang mendapatkan kesyahidan sebagaimana disebutkan dalam hadits?

Lihat Juga :  Krisis Doa dan Dzikir, Anak Muda Zaman Now, ini Solusinya Bergantung Orangtua 

Kata Imam Ath-Thibi rahimahullah menjelaskan bahwa hal-hal yang disebutkan asalnya adalah musibah. Adapun mengharapkan kesyahidan dari musibah tersebut, perlu dipahami bahwa memang setiap musibah sampai pun duri yang menusuk akan mendapatkan pahala.

Kata Imam Ath-Thibi, antara syahid di medan perang dengan syahid karena musibah di atas sangat berbeda. Karena syahid di medan perang itu diharap-harap. Sedangkan syahid dengan jatuh dari tempat tinggi, terbakar, dan tenggelam, itu tidak dicari-cari. Kalau seseorang berusaha bunuh diri dengan cara-cara tadi, malah dihukumi berdosa. [*/sumber: SUMBER: RUMAYSHO]

Back to top button