MOZAIK ISLAM

Lima Doa yang Bisa Dipanjatkan Saat Turun Hujan, Waktu yang Penuh Berkah

ASSAJIDIN.COM
Saat hujan turun, dianjurkan untuk memanjatkan doa turun hujan sebagai bentuk syukur dan memohon perlindungan dari Allah.

Belakangan, berbagai daerah di Indonesia sedang diguyur hujan hingga terjadi banjir di beberapa titik. Pada sisi lain, hujan menjadi anugerah dan berkah yang diberikan Allah kepada manusia.

Melalui turunnya hujan, tumbuhan menjadi subur dan dapat memberikan manfaat pada manusia melalui buah yang tumbuh, pohon yang rindang, dan lainnya. Sehingga sebagai umat muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa ketika turun hujan, saat hujan lebat, dan setelah hujan reda.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud syukur atas berkah yang Allah berikan dan senantiasa memohon perlindungan kepada Allah agar saat hujan turun, tidak mendatangkan bahaya.

Berikut ini terdapat beberapa doa yang bisa baca saat hujan sedang turun!

Membaca doa saat turun hujan menjadi amalan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Ketika hujan sedang turun, pintu-pintu di langit terbuka lebar dan saat itulah Allah SWT banyak mengabulkan doa umat-umatNya. Berikut beberapa doa ketika turun hujan yang bisa kamu amalkan:

Lihat Juga :  Mengulang-ulang Doa? Inilah Keistimewaannya 

1. Doa Turun Hujan
Hujan
Sumber Gambar: Unsplash

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an

Artinya: “Ya Allah, curankahlah air hujan yang bermanfaat.”

2. Doa Turun Hujan Lebat
Hujan Lebat.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

3. Doa saat Hujan Angin dan Kencang

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Lihat Juga :  Kumpulan Hadist tentang Bacaan Doa yang Sering Rasululluah Panjatkan Saat Rukuk dan Sujud

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

4. Doa saat Hujan dan Petir
Hujan dan Petir

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbillah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

5. Doa Meminta Hujan Berhenti
Hujan

اللَّهُمّحَوَالَيْنَاوَلَاعَلَيْنَا,اللَّهُمَّعَلَىالْآكَامِوَالْجِبَالِوَالظِّرَابِوَبُطُونِالْأَوْدِيَةِوَمَنَابِتِالشَّجَر

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button