NASIONAL

Bersama Donatur dan Mitra, Rumah Zakat Bantu 34.807 Penyintas Gempa Cianjur di 13 Kecamatan

ASSAJIDIN.COM — Bencana alam gempa bumi yang menimpa Cianjur, Bandung dengan kekuatan 5,6 magnitudo pada 21 November 2022 lalu masih membutuhkan bantuan dari masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu, kepedulian donatur dan para mitra melalui Rumah Zakat telah membantu 34.807 penyintas gempa di 13 kecamatan.

Dalam Press Conference Aksi Peduli Cianjur di live youtube, facebook dan instagram Rumah Zakat, Jumat (9/12/22) Beragam bantuan telah disalurkan di masa tanggap darurat antara lain evakuasi, makanan siap saji, shelter & shelter kit, layanan kesehatan, perlengkapan bayi, layanan ambulans, hygiene kit, sembako, makanan tambahan, pos hangat, layanan psikososial, penyedian kain kafan dan Superqurban.

Lihat Juga :  Galang Dana Bagi Korban Kebakaran di Simpang Lampu Merah, SMAN Sumsel Himpun Rp 4.829.800, Disalurkan Lewat Rumah Zakat

“Rumah Zakat memfasilitasi kepedulian lebih dari 10.000 individu dermawan dan juga 76 mitra komunitas maupun korporat untuk menyalurkan dana infak bagi para penyintas gempa cianjur. Hingga saat ini para penyintas masih memerlukan bantuan berupa makanan siap saji, tenda, hunian, layanan kesehatan, penyediaan air bersih/ sanitasi, penerangan, selimut, kebutuhan untuk kelompok rentan, serta terpal dan tikar,” ungkap Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda.

Menurut Murni, dana infak yang terkumpul dari para donatur disalurkan sesuai dengan tahapan penanggulangan bencana sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

Lihat Juga :  Rumah Zakat Salurkan Bantuan kepada Balita Penderita Hidrosefalus

Ada dua fase penanganan bencana yang dilakukan oleh Rumah Zakat yakni fase tanggap darurat dan fase pemulihan.

“Di fase pemulihan ada empat program yang kita rancang yakni pendirian masjid darurat, rumah tumbuh, MCK, dan sekolah darurat. InsyaAllah kami siap memfasilitasi lebih banyak lagi pribadi dermawan dan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan rencana ini, sehingga kita bisa membantu para penyintas gempa Cianjur,” kata Murni. (*/Tri J/rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button