SEHAT

Setelah Makan Disarankan Jangan Lakukan Lima Hal Ini

AsSAJDIN.COm — Selepas makan, terkadang kita lupa melakukan kegiatan-kegiatan yang malah merusak kesehatan. Berikut aktivitas yang dapat merusak kesehatan apabila dilakukan setelah makan.

1. Mengkonsumsi Air Dingin

Air dingin memang terasa nikmat bila diminum setelah makan. Apalagi selepas menikmati hidangan yang panas pada siang hari. Namun kenyataannya mengkonsumsi air dingin setelah makan dapat merusak kesehatan. Tubuh membutuhkan energi untuk menjadikan air dingin yang kita minum ke suhu normal, sementara lambung juga membutuhkan energi yang banyak menggiling makanan yang kita konsumsi. Keadaan tersebut mengakibatkan penyerapan nutrisi tidak berlangsung dengan baik. Selain itu, seperti yang dilansir oleh halosehat.com (22/09/2017) , air dingin juga bisa mengaktifkan enzim pada lambung kita yang bisa membuat otot perut menjadi kram usai makan.

Lihat Juga :  Jual Beli Sperma Secara Online, Begini Kata Islam…!

2. Olahraga

Bila berniat melakukan olahraga, disarankan untuk makan dua jam sebelum melakukannya. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan pada tubuh melakukan proses pencernaan. doktersehat.com (22/09/2017) melansir olahraga setelah makan dapat menimbulkan mual-mual, muntah hingga rasa nyeri dibagian perut.

3. Mengkonsumsi Teh Manis

Sebagian orang merasa ada yang kurang bila tidak mengkonsumsi setelah makan, apalagi bila ditambah dengan batu es. Kegiatan ini sangat tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Teh manis mengandung zat oxalate yang berpotensi untuk membentuk penyakit batu ginjal.

4. Merokok

Merokok dapat menyebabkan kematian. Peringatan tersebut pasti sering kita temukan di bungkus rokok yang beredar saat ini. Aktivitas merokok sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan, apalagi pada saat makan! Merokok selepas makan memberikan bahaya 10 kali lipat pada tubuh. Kondisi ini diakibatkan peredaran darah akan meningkat setelah makan, dan tentunya kandungan racun pada asap rokok ikut meningkat dalam tubuh.

Lihat Juga :  Zinc Ternyata Baik untuk Tangkal Covid-19, ini 8 Makanan yang Kaya Kandungan Zinc

5. Mandi

Mandi usai makan dapat menggangu proses pencernaan dan menghambat proses metabolisme. Pada saat bersentuhan dengan air, tubuh kita akan merespon dengan menetralkan suhu badan, sementara energi tubuh sedang fokus pada proses mencerna makanan.(*)

Refrensi:

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Setelah Makan

Sumber gambar:

http://www.wikihow.com/images/1/1c/Eat-After-a-Workout-Step-9-Version-2.jpg

https://healthysolo.com/wp-content/uploads/2017/07/bath-shower-opt-copy.jpg

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button