SYARIAH

Dosa Terbesar Menurut Alquran dan Hadist

AsSAJIDIN.COM — Berikut ini urutan lima dosa terbesar, sebagaimana dijelaskan Imam adz-Dzahabi dalam kitabnya, Al-Kabaair. Imam Adz Dzahabi mengkajinya dari ayat-ayat Alquran yang diturunkan Allah lewat Nabi Muhammad SAW.

1. Syirik
Dalil: Alquran surah an-Nisa’ ayat ke-48 .

Menurut Imam adz-Dzahabi, ada dua definisi syirik. Pertama, menjadikan sekutu bagi Allah SWT, sehingga seseorang beribadah kepada-Nya dan juga selain-Nya. Kedua, syirik kecil atau riya’. Artinya, seseorang beramal, tetapi tidak ikhlas untuk Allah SWT. Dia ingin amal ibadahnya diketahui orang banyak.

2. Membunuh
Dalil: Alquran surah an-Nisa’ ayat ke-93 dan surah al-Furqan ayat 68-70.
Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian kembali menjadi orang-orang kafir sepeninggalanku nanti, yakni sebagian kalian membunuh sebagian yang lain (HR Bukhari) . Hadits lainnya berbunyi, “Seorang hamba senantiasa dalam keluasan agamanya selama tidak menumpahkan darah yang haram” (HR Bukhari). Yang dimaksud dengan dosa besar ini adalah “membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang benar.”

Lihat Juga :  Datang Tepat Waktu, Jangan Lagi Ragu Terhadap Datangnya Kematian

3. Sihir
Dalil: Alquran surah al-Baqarah ayat ke-102.
Imam adz-Dzahabi mendefinisikan sihir sebagai kekafiran. Yang termasuk sihir, antara lain, (1) mempelajari dan mempraktikkan ilmu guna-guna (santau, santet, pukau, dll); (2) menggunakan sihir dalam mengikat hubungan suami dari istrinya; (3) menggunakan ilmu pelet untuk menumbuhkan kecintaan seorang pria kepada wanita, dan sebaliknya; dan (4) menumbuhkan kebencian seorang wanita kepada seorang laki-laki.

4. Meninggalkan shalat
Dalil: Alquran surah Maryam ayat 59-60.
Imam adz-Dzahabi mendefinisikan perbuatan itu mengikuti Ibnu Abbas RA: “Maksud mereka menyia-nyiakan shalat (dalam ayat surah Maryam itu) bukanlah saja mereka meninggalkan shalat secara total, tapi juga mereka mengakhirkan shalat dari waktu-waktunya.”

Lihat Juga :  Manusia yang Ingkar: Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan Surat Al-Adiyat

5. Enggan mengeluarkan hartanya untuk sedekah dan zakat
Dalil: Alquran surah Ali Imran ayat ke-180 dan surah At Taubah ayat 34-35.
Definisi perbuatan itu adalah “menyimpan emas dan perak (harta) dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah.” Intinya, seorang Muslim yang menolak memenuhi salah satu rukun Islam itu, padahal dirinya sudah termasuk muzakki. Wallahualam bishawab. (*/sumber: republika.co.id)

Back to top button