SYARIAH

Puasa Muharram, Bacaan Niat dan Keutamaannya

ASSAJIDIN.COM —Rasulullah  SAW menganjurkan agar kitab banyak berpuasa di bulan Muharam yang akan datang. Tapi selain puasa, Anda juga bisa melaksakan amalan-amalan lainnya, seperti memperbanyak sedekah.

Allah SWT menjelaskan di dalam Alquran, bahwa Muharram adalah salah satu bulan yang disucikan:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36)

Lihat Juga :  Bacaan Tasbih, Tahmid, Takbir, Manfaat dan Keutamaannya Menurut Hadist

Apa sajakah keutamaan puasa Muharram?

Terdapat keutamaan puasa Muharram dalam puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, antara lain:

1. Menjalankan sunah Rasulullah SAW

Menjalankan sunah Rasulullah SAW merupakan bagian dari ibadah. Dalam QS Ali Imran ayat 131, “Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah (sunnah/petunjuk)ku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dengan menjalankan sunah Rasul, maka Allah akan memberikan banyak ampunan dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya.

2. Mudah mudahan mendapat ridhoNya

Menjalankan puasa Muharram semata mata mengharap ridho Allah dan menggapai takwa serta  mendapatkan pahala di sisi Allah. Ini merupakan hal yang diharapkan bagi hamba Allah yang menginkan surga-Nya.

Lihat Juga :  Masya Allah, Orang Takwa Dijamin Allah Dapat 14 Hal ini di Dunia

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunah dari sunah-sunahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun.“

3. Mengenang peristiwa pada bulan Muharram

Dengan melaksanakan puasa Muharram di bulan Muharam kita juga bisa mengingat peristiwa yang terjadi pada bulan Muharram pada zaman Rasulullah. Salah satunya yakni hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Kita bisa meneladani perjuangan Rasulullah yang luar biasa.

 

Berikut adalah niat memulai puasa, Anda bisa membaca niat puasa Muharram ini dengan membaca,

نَوَيْتُ صَوْمَ مُحَرَّمٍ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

“Saya niat berpuasa Muharram, sunah karena Allah Ta’ala,”. (*/Sumber : tribunnews.com)

 

Back to top button