MUSLIMAH

Makna Berhijab, Bentuk Ketakwaan Muslimah dan Kebaikan-kebaikan Lain yang Menyertainya

AsSAJIDIN.COM — Sebagian besar wanita muslim di masa kini menggunakan jilbab. Bahkan hijab tak lagi hanya sekedar trend dan fashion belaka, melainkan sebagai kewajiban dari perintah Allah SWT.

Sebagai perintah agama, tentu saja berjilbab dan berhijab ada banyak manfaatnya bagi perempuan muslimah. Di antara manfaatnya akan sangat dirasakan oleh muslimah dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti dilansir dari Kalam, Allah berfirman “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Asma binti Abu Bakar telah telah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersada “Wahai Asma! Sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menzahirkan anggota badan kecuali pergelangan tangan dan wajah saja.” (HR. Bukhari & Muslim).

Wanita muslim masa kini sudah punya banyak pilihan untuk fashion berhijab tapi tetap terlihat kekinian. Pakaian gamis dan hijab panjang dibuat oleh desainer menyesuaikan generasi saat ini. Baik dari sisi pemilihan bahan, warna dan mode yang tentu tidak menyalahi ajaran Islam.

Lihat Juga :  Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kota Palembang Gelar Kegiatan Ramadhan Berbagi

Mengenakan jilbab/ hijab ternyata banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh kaum hawa ini. Jilbab adalah bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

1. Terutama sebagai perempuan muslim, tentu kita diperintahkan dan wajib beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Takwa ini merupakan bentuk perbuatan menjalankan perintah Allah Ta’ala dan menjauhi laranganNya.

2. Selamat dari azab Allah. Seperti sabda Rasulullah “Ada dua macam penghuni Neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang di kepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh”

(HR. Muslim). Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

Lihat Juga :  Untukmu Perempuan, Sibukkanlah Memperbaiki Hati dari Pada Mengubah Fisikmu agar Lebih Cantik

3. Mendidik akhlak agar lebih baik, salah satu cara menjadi wanita saleha menurut islam adalah mengenakan jilbab . Kemudian juga dibarengi dengan memperbaiki akhlak. Dengan begitu kita bisa menjadi perhiasaan dunia.

4. Menjaga kehormatan diri. Tak dapat dipungkiri, banyak kejadian pelecehan terhadap perempuan di lingkungan masyarakat kita. Perempuan harus pandai menjaga diri salah satunya dari pakaian.

5. Menjaga kecemburuan laki-laki/ suami. Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri perempuan yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam.

6. Memperoleh jodoh yang baik. Biasanya perempuan yang berjilbab lalu akhlaknya juga baik, maka ia dikagumi banyak orang. Khususnya para pria yang juga beriman. Sebagaimana janji Allah Ta’ala bahwa wanita baik untuk laki-laki yang baik, begitupun sebaliknya.

Dijelaskan dalam Al-Qur’an: “Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.” (QS. An Nur: 26). (pitria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button