MUSLIMAH

Cara Membuat Bubur Bayi Sehat, Bergizi Lengkap Takaran Pemberian Sesuai Usia

 

ASSAJIDIN.COM — Banyak di luaran sana pedagang penjual bubur, Namun, Jika untuk bayi ada baiknya para ibu memasak bubur sendiri.

Dokter. Filsuf, Ahli Gizi Komunitas, DR dr Tan Shot Yen, M.Hum menjelaskan dalam laman instagramnya mengatakan hal utama yang harus dilakukan yaitu durasi memasak yang lebih singkat dengan memakai nasi.

“Mulai dengan ukuran tinju anakmu untuk sekali makan anak. Boleh ditimbang atau mengikuti panduan yang ada di buku KIA. bayi umur 6-8 bulan 30gram. Ingat yah, bayi tumbuh makanya ukuran tinju terpakai, bayi tumbuh kebutuhan pasti lebih banyak,”katanya.

Lihat Juga :  Cara Ampuh Bersihkan Noda di Pakaian Putih dengan Bahan Alami

Tidak hanya keahlian, tapi dibutuhkan kesabaran. Masak bubur dengan menggunakan api kecil-sedang. Aduk berkala agar tidak lengket di dasar panci. Sampai bubur terlihat kalis hingga bulir nasi terpecah. Bubur jadi jika ‘sensasi nasi lembel’ tidak ada lagi. Untuk menciptakan rasa wangi pada bubur juga dapat ditambahkan daun salam.

Untuk isian bubur agar tidak polos dan bubur bergizi, masak bersama dengan bubur yang ditambahkan minyak ayam dan cincangan halus protein. Masak hingga lumat karena itu merupakan rahasia bubur gurih, bukan berkat garam ataupun micin.

Lihat Juga :  Ramadhan akan Pergi, Tumpahkan Air Mata karena ini...

“Ketika protein menyatu dengan bubur, lunak, lalu masukkan cincangan sayur dan masak sebentar. Sebab anda tidak mau kehilangan antioksidan sayur dan vitamin yang sensitif suhu,”katanya.

Pada penambahan sayur (terutama bayam) si ibu dapat mengukus terpisah dan digabungkan saat bubur dipanaskan saat hendak makan. Sehingga sayur tidak dihangatkan berulang.

“Pastikan anda paham betul proses memanaskan MPASI, memanaskan bukan supaya MPASI enak dan anget, tapi menghindari risiko terkontaminasi,” katanya.(trijumartini)

Back to top button